Biaya Internet di Sampang Telan Rp1,1 Miliar

Uncategorized5 Dilihat

KABARMADURA.ID | SAMPANG –Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Sampang, memiliki program Area Internet Gratis (Artis). Program itu, berupa penyediaan jaringan internet gratis di beberapa ruang publik. Sedangkan anggaran untuk mendukung program tersebut mencapai Rp1,1 miliar.

 

Kepala Bidang (Kabid) Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Diskominfo Sampang Achmad Murang mengatakan, jaringan internet gratis telah dipasang di tiga taman kota. Yakni, Taman Bunga Adipura, Taman Wijaya Kusuma dan Taman Monumen Trunojoyo.

 

“Di taman-taman itu, sudah tersedia internet gratis sejak tahun 2020. Tapi saat pandemi, dinonaktifkan agar tidak memicu kerumunan. Sekarang sudah aktif lagi,” ujarnya kepada Kabar Madura, Kamis (15/9/2022).

 

Pihaknya masih akan memperluas penyediaan wireless fidelity (WiFi) gratis di dua titik. Yakni, Taman Wiyata dan Sampang Sport Center (SSC). Namun, untuk kedua tempat tersebut membutuhkan jaringan baru dan penyediaan kabel fiber optik.

Baca Juga :  Ismail Yakin UHC 95 Persen Segera Dicapai Pamekasan

 

Murang menyebut, anggaran Rp1,1 miliar tidak hanya untuk program Artis di taman kota. Melainkan untuk penyediaan jaringan WiFi di setiap kantor pemerintahan dan tempat pelayanan publik di wilayah Kabupaten Sampang hingga ke kantor instansi di wilayah kecamatan.

 

Anggaran itu, mencakup penyediaan jaringan internet di sekretariat kabupaten, sekretariat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD), setiap kantor organisasi perangkat daerah (OPD), rumah sakit, 14 kantor kecamatan, dan seluruh pusat kesehatan masyarakat (puskesmas).

 

“Kalau nanti lokasi terminal itu dijadikan taman kota, maka di sana akan disediakan internet gratis juga,” jelasnya.

 

Cakupan Program Artis

 

Tiga taman kota

Taman Bunga Adipura

Taman Wijaya Kusuma

Taman Monumen Trunojoyo

Seluruh kantor dan pelayanan publik

OPD

DPRD

Instansi wilayah kecamatan

Puskesmas

Kantor Kecamatan

Reporter: Ali Wafa

 

Redaktur: Totok Iswanto

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *