DAK Rp56,9 Miliar Mengalir  ke Kepulauan Sumenep untuk Infrastruktur

News141 views

KABAR MADURA | Dana alokasi khusus (DAK) APBD Sumenep 2024 untuk Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUTR) Sumenep akan dialokasikan 60 persen untuk bangun infrastruktur ke wilayah kepulauan.

Kepala Dinas PUTR Sumenep Eri Susanto mengatakan total DAK tahun 2024 untuk  untuk pembangunan jalan dialokasikan sekitar Rp56,9 miliar. Dari dana itu, sekitar 60 persen untuk kepulaan dan 40 persen untuk wilayah daratan.

Banner Iklan Stop Rokok Ilegal

“Alhamdulillah, DAK fisik tahun ini, khususnya pembangunan, sudah bisa diarahkan ke kepulauan,” kata dia.

Selama ini, DAK tidak bisa difokuskan di kepulauan karena jalan di pulau tidak termasuk kategori jalan nasional. Namun, mulai tahun 2024, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumenep sudah mengupayakan agar kepulauan sudah bisa jadi sasaran alokasi dana dari pemerintah pusat.

Baca Juga:  Ratusan Mobil Pelat Merah di Sumenep Nunggak Pajak 

Menurut Eri, tidak  sekedar pembangunan infrastruktur jalan, tapi juga ada program sanitasi dan irigasi yang akan dikerjakan di kepulauan tahun 2024 ini.

“Porsi anggaran DAK di kepulauan lebih besar dibanding daratan untuk menunjukkan perhatian pemkab terhadap kepulauan juga cukup besar,” imbuhnya.

Khusus Kangean, DAK untuk pembangunan jalan mencapai Rp11 miliar. Infrastruktur untuk pulau-pulau lain  sebesar Rp48 miliar, sanitasi atau program air bersih Rp14 miliar, dan irigasi Rp4,9 miliar.

“Harapannya itu bisa terlaksana secara maksimal, sehingga akses di kepulauan bisa terus bagus,” pungkasnya.

Baca Juga:  Tembus 913 Kasus  di 2023, Pemkab Sampang Diminta Intensifkan Penanganan Penyakit Tuberkulosis

Pewarta: Moh. Razin

Redaktur: Wawan A. Husna

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *