Dinkes Pamekasan Komitmen Putus Budaya Pasung 

News88 views

KABARMADURA.ID | PAMEKASAN-Demi mempercepat pencegahan dan penanggulangan masalah kejiwaan, Dinas Kesehatan (Dinkes) Pamekasan membentuk Tim Pelaksana Kesehatan Jiwa Masyarakat (TPKJM). Hal tersebut diungkapkan Kepala Seksi (Kasi) Penyakit Tidak Menular Kesehatan Jiwa dan Napza Dinkes Pamekasan Rofiki, Minggu (17/9/2023). 

Dia mengaku, sudah berupaya seoptimal mungkin untuk mengatasi masalah kesehatan masyarakat. Khususnya, masalah kejiwaan yang menimpa setiap masyarakat agar ada solusi terbaik. Secara umum, TPKM Pamekasan dibentuk berdasar beberapa pertimbangan dan pelaksanaan sebagai upaya menekan angka masalah kejiwaan dan psikososial. 

“Kalau petugasnya sudah ada, tinggal menunggu surat keputusan (SK) sah untuk beraktivitas,” ujarnya kepada Kabar Madura. 

Pihaknya menuturkan, nantinya TPKJM nantinya akan bertugas menanggulangi masalah kejiwaan dan psikososial masyarakat. Pencegahan dan penanggulangan tersebut akan berlaku bagi setiap masyarakat yang membutuhkan dalam mengatasi persoalan kesehatan. Secara umum, para petugas dalam tim lintas organisasi perangkat daerah (OPD). 

Baca Juga:  Jumlah Pemudik Diprediksi Meningkat, Polres Pamekasan Siapkan Sejumlah Skenario

“Seperti Kepolisian, TNI, Dinas Sosial (Dinsos), Dinas Pendidikan (Disdik), Camat hingga kepala desa (kades),” tuturnya. 

Sesuai rencana, pembentukan TPKJM akan dilakukan di setiap kecamatan. Hanya saja, untuk saat ini baru terbentuk di wilayah Pamekasan atau tingkat kabupaten. Apabila, tim tingkat kabupaten sudah terbentuk, maka dalam waktu dekat tidak menutup kemungkinan tim di tingkat kecamatan juga akan terbentuk. 

“Intinya, kami berkomitmen warga yang terganggu kejiwaannya tidak lagi dikekang atau dipasung, harus bebas dari pengekangan. Jadi, untuk mencapai sebuah target atau tujuan, perlu adanya kerjasama antar pihak terkait dan termasuk warga. ,” tegasnya.

Baca Juga:  Dinkes Pamekasan Ingatkan Deteksi Dini Gejala Kanker, Bisa Ditangani di Puskesmas

Pewarta: KM71

Redaktur: Totok Iswanto

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *