Direktur RSUD SMart Pamekasan Sebut ASN yang Jadi Saksi Parpol Sudah Diperiksa

News52 views

KABAR MADURA | Dalam beberapa hari terakhir, netralitas aparatur sipil negara (ASN) di Pamekasan dalam pelaksanaan pemilu ramai diperbincangkan. Lantaran salah seorang perawat di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Slamet Martodirdjo (SMart) Pamekasan, Halimi, yang berstatus sebagai ASN, menjadi saksi partai politik (parpol) dalam rekapitulasi hasil penghitungan suara Pemilu 2024 di Kecamatan Palengaan.

Direktur RSUD SMart Pamekasan dr. Raden Budi Santoso mengatakan, tindakan ASN menjadi saksi parpol itu telah menyalahi Undang-Undang (UU) Nomor 20 Tahun 2023 tentang Aparatur Sipil Negara, di mana seorang ASN tidak berpihak dari segala bentuk pengaruh manapun dan tidak memihak kepada kepentingan lain di luar kepentingan bangsa dan negara. 

Banner Iklan Stop Rokok Ilegal

“Yang jelas yang bersangkutan sudah kami proses, beliau seorang perawat,” paparnya saat dikonfirmasi Kabar Madura via WhatsApp, Rabu (28/2/2024). 

Baca Juga:  Tiga Rekanan Berebut Proyek Pelebaran Jalan Saronggi-Lenteng Sumenep

Namun, Budi menyebut, pihaknya belum bisa memastikan bentuk sanksi yang akan diberikan,  apakah masuk kategori pelanggaran disiplin ringan, sedang, dan berat.

“Kasus itu masih dalam pemeriksaan. Kami klarifikasi dan proses BAP dulu, kami sudah memanggilnya,” tegas Budi. 

Kepala Bidang (Kabid) Pengadaan, Pembinaan, dan Informasi Kepegawaian (PPIK) BKPSDM Pamekasan Mustain Ramli mengutarakan, untuk pelanggaran yang dilakukan salah seorang ASN RSUD SMart akan dilakukan penelusuran lebih lanjut. 

Sementara terkait sanksi, kata Mustain, nanti ada rujukan dari pusat, sebab ini berkaitan dengan netralitas pemilu.

Baca Juga:  Ribuan Massa Kepung Mapolres Sampang, Buntut Dugaan Tindakan Tidak Etis Oknum Polisi

“Apapun keputusannya nanti, jika memang benar melakukan pelanggaran dengan sengaja, maka rekomendasi dari pemerintah pusat akan tetap diberikan kepada yang bersangkutan,” paparnya. 

Pewarta: Khoyrul Umam Syarif

Redaktur: Sule Sulaiman

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *