Dispendukcapil Pamekasan Permudah Pelayanan melalui Sip Pak Kades

News14 Dilihat

KABARMADURA.ID | PAMEKASAN -Kemudahan pelayanan di desa dan kelurahan dikemas dengan program Sip Pak Kades. Kegiatan sosialisasi tentang administrasi kependudukan dan implementasi identitas digital di Hotel Cahaya Berlian Pamekasan selama dua hari. Yakni, Selasa (29/11/2022) dan Rabu (30/11/2022).

Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil) Pamekasan Ach. Faisol mengatakan, kemudahan akses layanan kependudukan menjadi bagian komitmen yang diprioritaskan. Sehingga lahirlah berbagai inovasi, salah satunya Sip Pak Kades yang mendekatkan layanan kependudukan kepada warga dengan pelayanan di desa dan kelurahan.

“Kami sepakat tahun 2023 secara serentak akan melaksanakan program Sip Pak Kades yaitu sistem layanan kependudukan layanan di kantor desa, cita-cita kami masyarakat tidak usah datang ke kantor kami, cukup diurus di kantor desa, terkecuali elektronik kartu tanda penduduk (e-KTP) dan kartu identitas anak (KIA), ” ujarnya usai sosialisasi kepada para camat dan kades.

Baca Juga :  Selama 2022, Angka Kematian Ibu dan Bayi di Pamekasan Tembus 80 Kasus

Pihaknya menjelaskan, program Sip Pak Kades tahun ini hanya menarget tiga desa. Namun, program tersebut sudah terlaksana di lima desa sebagai pilot project. Sedangkan untuk penyelenggaraan tahun 2023 akan memperoleh dukungan dari anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD). Dana ini, akan digunakan untuk melengkapi berbagai perangkat yang dibutuhkan.

“Lima desa yang sudah menjalankan program Sip Pak Kades meliputi, Desa Rek Kerrek Kecamatan Palengaan, Desa Bulangan Timur Kecamatan Pegantenan, Desa Sotaber Kecamatan Pasean, Desa Ponjenan Timur dan Pademawu Timur. Untuk penguatan sumber daya manusia (SDM) di desa, kami akan lakukan bimbingan teknis (bimtek),” jelasnya.

Sementara itu, Camat Proppo Pamekasan Suto menyampaikan, program Sip Pak Kades sangat berdampak sekali terhadap kemudahan akses layanan kependudukan. Pihaknya sangat mengapresiasi adanya program tersebut. Bahkan diharapkan, terus ada inovasi untuk mempermudah pelayanan terhadap masyarakat.

Baca Juga :  Berebut Mikrofon, Pendemo dan Anggota Dewan Nyaris Adu Jotos

Hal senada diungkapkan, Kades Pademawu Timur Juma’ati. Menurutnya, program Sip Pak Kades sangat membantu sekali terhadap kemudahan layanan kependudukan warganya. Sebab setiap warga tidak perlu lagi  datang langsung ke Kantor Dispendukcapil. Dengan demikian, jangkauannya lebih ekonomis.

“Bagi masyarakat dengan layanan ini sangat terbantu, pelayanannya cepat, bisa ditunggu langsung selesai,” tegasnya. (*)

Reporter: Khoyrul Umam Syarif

Redaktur: Totok Iswanto

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *