DPRD Pamekasan Segera Bentuk Pansus Evaluasi Kinerja Pemerintah

KABAR MADURA | Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Pamekasan menggelar Sidang Paripurna tentang Nota Penjelasan Bupati tentang Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) 2023, Rabu (27/3/2024).

Kegiatan yang dipimpin langsung oleh Ketua DPRD Pamekasan Halili itu dihadiri Penjabat (Pj) Bupati Pamekasan Masrukin, para pimpinan organisasi perangkat daerah (OPD) dan beberapa undangan lainnya.

Banner Iklan Stop Rokok Ilegal

Halili mengatakan, secara umum dalam realisasi program yang telah dikerjakan pada 2023 sudah sesuai dengan yang direncanakan. Namun, meski demikian, masih diperlukan telaah lebih lanjut guna mengevaluasi secara maksimal sebagai perbaikan pada realisasi program kerja pada tahun berikutnya. Karena itu, pihaknya dalam waktu dekat akan membentuk Panitia Khusus atau Pansus LKPJ 2023.

Baca Juga:  Kwartir Sumenep Tidak Masalah Pramuka Tidak Diwajibkan

“Kami akan melihat dan mengevaluasi hal-hal yang dianggap kurang dari pelaksanaan 2023, mudah-mudahan tidak terlalu banyak catatan. Setelah saya mengamati dari penyampaian, sepertinya tidak banyak persoalan yang terjadi di 2023, APBD kita berjalan dengan normal,” tegasnya.

Politisi Partai Persatuan Pembangunan (PPP) itu menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada OPD yang telah bekerja dengan tuntas selama kurun waktu satu tahun terakhir. Hal itu terbukti dengan mendapatkan berbagai penghargaan, baik dari pemerintah pusat maupun pemerintah provinsi. Halili berharap, prestasi pada tahun berikutnya bisa semakin meningkat, terlebih bisa berdampak pada akselerasi pembangunan.

“Secara objektif kami harus memberikan apresiasi, terlepas dari kekurangan-kekurangan yang ada,” tambahnya.

Baca Juga:  Bangun Kolaborasi Percepatan Penanganan Stunting, Pemkab Pamekasan Gelar Rapat Koordinasi Aksi Konvergensi

Sementara Pj Bupati Pamekasan Masrukin menyampaikan, pada 2023 terjadi semacam krisis keuangan, dampaknya banyak program yang sudah dirancang harus disesuaikan ulang. Sehingga, dia menginginkan adanya evaluasi yang disertai rekomendasi dengan adanya nota penjelasan LKPJ, guna bisa menjadi acuan pada program tahun berikutnya.

“Rekomendasi itu penting bagi kami. Jadi mana yang perlu diperbuat kembali dan mana yang harus akselerasi. Forum ini merupakan evaluasi APBD selama satu tahun, mulai dari rencana awal, sampai akhir Desember seperti apa warnanya,” paparnya.

Pewarta: Khoyrul Umam Syarif

Redaktur: Sule Sulaiman

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *