Jadi Salah Satu Alumni Terbaik DLA, Dekan Fikom Unitomo Surabaya Belajar Digitalisasi ke Amerika Serikat

Pendidikan183 views

KABARMADURA.ID | Washington DC — Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Dr. Soetomo (Fikom Unitomo) Surabaya memperoleh kehormatan dalam pembangunan dan hubungan bilateral antara Indonesia dan Amerika Serikat.

Dekan Fikom Unitomo Dr. Harliantara, M.Si. terpilih menjadi salah satu peserta pelatihan digitalisasi yang dikemas melalui kegiatan Internasional Visitor Leadership Program (IVLP) on Demand Tahun 2023 tentang “U.S. Best Practies in Digital Economy and Governance” tanggal 10-22 Juni 2023.

Banner Iklan Stop Rokok Ilegal

Harliantara terpilih menjadi peserta IVLP dari kalangan akademisi yang juga merupakan salah satu alumni terbaik DLA (Digital Leadership Academy) Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) yang mengikuti training di Tsinghua University, Cina 2022.

“Alhamdulillah, Saya sangat bersyukur terpilih sebagai salah satu peserta IVLP untuk menjadi bagian yang memberikan kontribusi dalam hubungan bilateral antara Indonesia dan Amerika Serikat,” katanya, Senin (12/6/2023).

Menurut pria yang akrab disapa Harley ini, peserta dari Indonesia yang berangkat ke Amerika Serikat berjumlah 10 orang yang terpilih setelah melalui seleksi ketat berdasarkan prestasi.

Baca Juga:  MTsN 3 Pamekasan Libatkan Siswanya di SBBC untuk Implementasikan Kurikulum Merdeka

Rombongan terdiri dari dua orang unsur perguruan tinggi, tiga orang dari unsur Kementerian Kominfo, dan lima orang perwakilan Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

Harliantara mengatakan, IVLP Program U.S Department of State merupakan program pelatihan profesional yang diselenggarakan oleh Departemen Luar Negeri Amerika Serikat.

Kegiatan ini difasilitasi oleh Badan Litbang dan SDM Kemenkominfo Republik Indonesia sekaligus Penyelenggara Digital Leadership Academy Kominfo.

Program IVLP Program U.S Department of State juga memberikan kesempatan kepada peserta dari berbagai negara untuk mengunjungi Amerika Serikat dan berinteraksi dengan para pemimpin, praktisi, dan ahli di bidang masing-masing.

Ia menambahkan, tujuan IVLP
Program U.S Department of State antara lain meneliti praktik terbaik untuk kepemimpinan dan tata kelola ekonomi digital dari praktisi Amerika Serikat yang bekerja sama dengan mitra Amerika Serikat untuk mengidentifikasi bidang utama yang dapat dimanfaatkan Indonesia untuk transformasi digital.

“Kemudian memperkuat jaringan Ameriia Serikat-Indonesia terkait kepemimpinan digital dan transformasi dan saling bertukar wawasan ekonomi digital,” ujarnya.

Baca Juga:  Dr. Damanhuri: Malaikat Nanti Cukup Tanya HP untuk Tahu Dosa Kita!

Di Washington DC, peserta dipertemukan dengan sejumlah pihak guna belajar sistem federalisme dan pemerintahan desentralisasi, penggunaan data yang mendukung kebijakan pemerintah pusat dan daerah, serta bertukar pikiran dengan lembaga swadaya masyarakat dan akademisi setempat dalam hal penggunaan data dan akses publik.

Peserta juga dapat melihat gedung- gedung pemerintahan seperti Gedung Putih, Gedung Kongres (Capitol Building), Lincoln Memorial, serta Smithsonian National Museum of Natural History.

Harliantara menyampaikan rasa terima kasih kepada semua pihak yang telah memberikan dukungan, terutama Rektor Unversitas Dr. Soetomo yang telah memberikan izin untuk mengikuti program IVLP Program U.S Department of State ini.

“Semoga dengan terlaksananya program IVLP Program U.S Department of State akan memberikan energi positif untuk pembangunan transformasi digital di Indonesia, khusunya di Fikom Unitomo,” tutupnya.

Pewarta: Safira Nur Laily

Redaktur: Hairul Anam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *