Jelang Laga Kandang, Madura United Matangkan Pengamanan

KABARMADURA.ID | Madura United akan menjalani laga kandang pertama menghadapi tim tamu Persib Bandung di Stadion Gelora Madura Ratu Pamelingan (SGMRP) Pamekasan, pada Jumat 20 Januari mendatang.

Guna menatap laga pekan ke-19 Liga 1 2022-2023 itu, Panitia Pelaksana (Panpel) Madura United gerak cepat mempersiapkan semuanya, termasuk pengamanan yang menjadi atensi utama.

Bagaimana tidak, pada tragedi Kanjuruhan, 1 Oktober 2022 lalu, pengamanan menjadi atensi utama dengan tewasnya ratusan jiwa pasca laga Arema FC versus Persebaya Surabaya.

Security Officer (SO) Panpel Madura United Sapto Wahyono baru memberikan pengarahan terhadap 50 steward, yang akan bertugas setiap laga kandang tim berjuluk Laskar Sape Kerrab itu.

Pengarahan tersebut diberikan SO Panpel Madura United dan Kabag Ops Polres Pamekasan Kompol Bambang Hermanto di SGMRP Pamekasan, Sabtu 4 Januari lalu.

Sapto menjelaskan, arahan dan pemberian gambaran tersebut tidak terlepas dari perubahan skema pengamanan, yang diatur dalam Peraturan Polisi (Perpol) Nomor 10 Tahun 2022 tentang pengamanan olahraga.

Baca Juga :  Pelatih Madura United Sebut Kwabena Appiah-Kubi Cepat Beradaptasi

Dalam perpol tersebut, steward akan mendapatkan tugas tambahan, ialah bertanggung jawab untuk area rank 1. Sehingga, pengamanan di lapangan menjadi tugas dari steward. Hal itu tidak seperti penyelenggaraan pertandingan sebelumnya.

Selain itu, steward bertugas mengamankan semua pintu masuk tribun, baik ekonomi, VIP, dan VVIP. Serta, mengemban amanah mengamankan semua ruangan di dalam venue pertandingan seperti ruang ganti, ruang perangkat pertandingan, ruang konferensi pers, dan lainnya.

“Pengamanannya itu ada empat yaitu, mengamankan semua orang di stadion, kegiatan sejak menit pertama hingga fulltime, mengamankan barang, dan sarpras,” jelasnya saat dihubungi Kabar Madura, Minggu (15/1/2023).

Sapto menyebutkan, selain 50 steward dari komunitas akan terdapat tambahan 25 steward.

Pewarta: Syahid Mujtahidy

Editor: Moh Hasanuddin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *