Ketua ISNU Pamekasan: Sarjana Harus Jadi Juragan!

News, Mindset17 Dilihat

KABARMADURA.ID | PAMEKASANMenjadi sarjana tugasnya bukan hanya berpikir, menulis, dan beretorika, tetapi bisa menjadi penggerak untuk kehidupan bangsa dan negara. Hal itu disampaikan Ketua PC ISNU Pamekasan Imam S. Arizal usai pelantikan Pengurus Cabang (PC) Ikatan Sarjana Nahdlatul Ulama  (ISNU) di Pendopo Agung Ronggosukowati Pamekasan, Sabtu (15/1/2023).

Menurutnya, spirit para sarjana ialah berkontribusi positif untuk kemandirian bangsa sesuai  potensi keilmuan yang sudah ditekuni. Dia menegaskan, perubahan tidak hanya dilakukan dengan selembar kertas, tetapi butuh eksekusi dalam menggerakan tujuan yang ingin dicapai.

Talenta para sarjana di Bumi Ratu Pamelingan ini, lanjut Imam S. Arizal, bisa mendorong percepatan pembangunan, mulai dari pendidikan, sosial, budaya dan lainnya. “Gerakan ISNU harus beda. Tidak un sich iptek, tapi penggerak pembangunan,” katanya pada Kabar Madura.

Ia menyebutkan, sebelum dilantik, PC ISNU Pamekasan siap berkolaborasi dengan berbagai pihak, Sebab, kata dia, ISNU memiliki dewan ahli di berbagai disiplin ilmu baik di kedokteran, ekonomi, kelautan dan lain-lain. “Kami bisa membantu pemerintah dalam rencana strategisnya melalui pemikiran dari para ahli di ISNU,” ujarnya.

Baca Juga :  Produsen Lokal Madura Berebut Pasar Menggiurkan Air Minum Kemasan

Lebih lanjut, pria yang karib disapa Imam itu mengatakan, pihaknya sudah bekerjasama dengan beberapa stake holder sebagai bentuk komitmennya dalam menghadirkan warna baru dalam gerakan organisasi yang dipimpinnya. Hal itu juga sebagai penguat spirit menghidupkan kembali ISNU yang telah vakum.

“Kami sudah bertemu dengan Bagian Kesra Setkab Pamekasan untuk merencanakan gerakan spirit beragama moderat,” ujarnya.

Imam menegaskan, jadi sarjana harus jadi pembeda dan menjadi penggerak di berbagai sektor pembangunan, salah satunya di pembangunan ekonomi. Di sektor ini, seorang sarjana jangan hanya mau menjadi karyawan. “Sarjana harus jadi juragan, jangan jadi karyawan,” tegasnya.

Sementara untuk kerja nyata dalam berkontribusi ISNU Pamekasan, akan disegerakan pelaksanaan rapat kerja kepengurusan, yang didalamnya dibahas berbagai program prioritas selama satu periode. “Program prioritas setelah raker, kami akan membentuk pimpinan anak cabang. Jadi kami targetkan tahun ini semua kecamatan tuntas,” ujarnya.

Baca Juga :  Sempat Kaget Mendengar Suara Bayi Menangis di Dalam Tas

Dia berharap berbagai program yang akan disusun nantinya bisa berdampak kepada percepatan pembangunan, oleh karenanya, akan dilakukan kolaborasi dengan berbagai pihak yang memiliki kesamaan komitmen.

“Tentunya bimbingan dari pimpinan wilayah, pimpinan pusat, sangat penting. Karena Isnu Pamekasan, kami istilahkan Isnu Pamekasan reborn, sudah lama vakum, dan insyaallah kami siap bangkit kembali untuk Pamekasan yang kami cintai,” paparnya.

Diketahui, Pengurus Cabang (PC) Ikatan Sarjana Nahdlatul Ulama  (ISNU) resmi dilantik oleh Ketua Pimpinan Pusat (PP) ISNU Ketua Umum Pimpinan Pusat ISNU Dr. KH. Ali Masykur Musa, di Pendopo Agung Ronggosukowati Pamekasan, Sabtu (15/1/2023).

Turut hadir dalam kegiatan yang bertajuk Menuju Sarjana Penggerak, Membangun Kemandirian Bangsaitu, Bupati Pamekasan Baddrut Tamam, Perwakilan Pimpinan Wilayah Isnu Jawa Timur, Perwakilan ISNU Kabupaten Sampang, ISNU Kabupaten Sampang, ISNU Kabupaten Sumenep dan para organisasi kepemudaan, serta perwakilan organisasi perangkat daerah (OPD).

Baca Juga :  Menyongsong Pemilu 2024, Formaba UTM Gelar Diskusi Panel

Pewarta: Khoyrul Umam Syarif

Redaktur: Moh Hasanuddin

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *