KPU Pamekasan Belum Terima Surat Suara Pengganti, DPRD Pamekasan: Tidak Masalah!

News32 views

KABAR MADURA | Mendekati pendistribusian logistik pada tanggal 7 Februari 2024, sampai saat ini Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pamekasan belum menerima pengganti puluhan surat suara yang rusak. Hal itu diungkapkan oleh Ketua KPU Pamekasan Mohammad Halili, Selasa (24/1/2024).

Menurutnya, pelipatan dan sortir serta ditemukannya surat suara yang rusak pada 6 Januari 2024 dan telah dikomunikasikan dengan KPU Provinsi Jawa Timur. Tujuannya, agar dapat membantu dalam proses ganti surat suara rusak di Pamekasan.

Banner Iklan Stop Rokok Ilegal

Halili menjelaskan, proses pelipatan dan sortir surat suara sudah selesai sebelum 25 Januari 2024. Terdapat lima macam jenis surat suara, yaitu untuk pemilihan presiden dan wakil presiden, anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD), Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI, DPRD provinsi dan DPRD kabupaten/kota.

Baca Juga:  Tanggapi Dugaan Komputer DPRD Pamekasan Dipakai Main Slot, Sekwan Berdalih Itu Permainan Tidak Berbayar

Dalam pelaksanaan pelipatan dan sortir surat suara tersebut, tambah Halili, tidak ditemukan adanya  kendala sama sekali. Atas hal itu, proses pelipatan secara cepat bisa diselesaikan.

“Prosesnya berjalan lancar, tidak ada kendala sama sekali. Termasuk pekerja sakit atau sejenisnya, itu tidak terjadi,” ungkapnya.

Meskipun pengganti surat suara rusak belum ada, pihaknya tetap akan melakukan pemetaan ke tahap pendistribusian di 13 kecamatan. Itu bakal dilakukan pada 7 Februari 2024 dengan 4 tahapan proses pendistribusian.

Proses pendistribusian itu melalui dari gudang ke panitia pemilihan kecamatan (PPK). Lalu dibagi langsung ke panitia pemungutan suara (PPS) dan nantinya akan diberikan terhadap kelompok penyelenggara pemungutan suara (KPPS) di setiap TPS.

Baca Juga:  Dana Hibah Disetujui, Bawaslu Sumenep Mulai Memproses Pemetaan Dana Pilkada

Dia meyakini, pengganti surat suara yang rusak akan diterima dalam kurung waktu seminggu. Halili memastikan proses pendistribusian atas kelengkapan logistik bisa selesai 100 persen sehari sebelum pelaksanaan Pemilu 2024.

Sementara itu, Ketua Komisi I DPRD Pamekasan Ali Maskur menjelaskan, untuk kelengkapan surat baiknya ada sebelum pelaksanaan pemilihan. Namun jika sampai saat ini surat suara tersebut belum diterima oleh KPU, maka tidak jadi persoalan. Sebab, surat suara tersebut nantinya bisa disusulkan ke TPS masing-masing yang belum lengkap.

“Iya tidak masalah, karena untuk hal itu bisa disusulkan,” tegasnya.

Pewarta: Moh. Farid

Redaktur: Hairul Anam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *