Legislator Sumenep Ingatkan Tidak Jadikan Tangkis Laut sebagai Proyek Rutinitas Belaka

News9 views

KABARMADURA.ID | SUMENEP-Proyek tangkis laut pada tahun 2023 lebih besar anggarannya dibandingkan pada tahun 2022 lalu, pada tahun sebelumnya dianggarkan Rp1 miliar, saat ini senilai Rp2 miliar untuk tujuh kecamatan. (Selengkapnya lihat grafik).

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang Sumenep Eri Susanto melalui Kepala Bidang (Kabid) Sumber Daya Air Hendri Hartono menegaskan, tahun ini ada tujuh kecamatan yang akan dibangun tangkis laut. Namun untuk tahapannya masih dalam proses perencanaan.

“Untuk pengerjaannya insya Allah masih April atau awal Mei 2023,” katanya, Minggu (5/3/2023).

Menurutnya, yang menjadi kendala tidak cepat dilaksanakan karena anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) 2023 masih dalam tahap penyesuaian anggaran. Artinya, bisa jadi anggaran Rp2 miliar itu bisa berubah jika masuk pergeseran anggaran.

“Kami akui anggaran khusus tangkis laut itu lebih besar dari pada tahun 2022, ini karena kebutuhan masyarakat lebih banyak,” ujarnya.

Baca Juga:  Legislator Sumenep Tagih Kepastian Dana Rehabilitasi Pelabuhan di Kepulauan¬†

Dikatakan, pada tahun 2022 ada di 8 kecamatan, ada 17 paket proyek yang semuanya tanpa dilakukan proses lelang karena masing-masing paket tidak sampai Rp200 juta. “Begitu pun pada tahan 2023 ini,” tukasnya.

Diketahui, pada tahun 2022 lalu lokasi di proyek tangkis laut yakni di Kecamatan Bluto, Pasongsongan, Dungkek, Pragaan, Ambunten , Talango, Sapeken dan Kecamatan Gayam “Program ini untuk mencegah semakin parahnya kerusakan bibir pantai yang bisa mengakibatkan musibah bencana bagi kehidupan masyarakat,” tegasnya.

Iklan Banner Kabar Madura

Menurutnya, fenomena akibat terjangan ombak dan air pasang tidak hanya merusak bibir pantai, akan tetapi air laut meluap hingga darat. Harapannya, ada dukungan masyarakat terutama untuk melakukan penimbunan bibir pantai sekitar areal pembangunannya. Hal itu dilakukan agar tangkis laut bisa bertahan lama. “Semoga pada tahun 2023 cepat terwujud,” bebernya.

Baca Juga:  Bupati Sumenep Akan Launching Perpustakaan Digital

Sementara itu, Ketua Komisi III DPRD Sumenep Dulsiam mengatakan, pengerjaaan tangkis laut bukan hanya dijadikan formalitas rutin saja. Tetapi, perlu keseriusan agar hantaman air laut pada saat air pasang tidak meluap hingga darat.

“Saat ini sudah banyak masyarakat yang mengeluhkan, agar pembangunan tangkis laut benar-benar diperhatikan dan segera dilaksnakan. Termasuk kualitasnya perlu diperhatikan,” singkatnya.

PROYEK TANGKIS LAUT SUMENEP 2023

*Kecamatan Bluto

-Desa Aeng Baja Kenek

*Kecamatan Sapeken

-Desa Sabuntan 3 paket

-Desa Sakala

-Desa Saor Saebus

– Desa Tanjung Kiaok

*Kecamatan Kangayan

-Desa Saobi

*Kecamatan Talango

-Desa Gapurana

*Kecamatan Pasongsongan

-Desa Padandangan

*Kecamatan Gayam

-Desa Tarebung 2 paket

*Kecamatan Nonggunong

-Desa Talaga

Jumlah: 14 paket 7 kecamatan 10 desa

Reporter: Imam Mahdi

Redaktu: Mohammad Khairul Umam

Iklan Banner Kabar Madura

Banner Kabar Sastra

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *