Olah Sampah Plastik, DLH Pamekasan Apresiasi Gerakan IAA

Uncategorized26 Dilihat

KABARMADURA.ID | PAMEKASAN-Sekelompok mahasiswa yang berada dalam komunitas Ikatan Alumni Annuqayah (IAA) Mahasiswa Pamekasan menggelar Gerakan Anti Sampah (GAS). Gerakan itu dilakukan sebagai upaya menekan penggunaan sampah plastik di Pamekasan.

 

Ketua IAA Mahasiswa Pamekasan Moh. Zakiuddin mengatakan, program itu diharapkan bisa mengedukasi seluruh mahasiswa di Pamekasan untuk menekan penggunaan sampah plastik. Menurutnya, gerakan anti sampah perlu dilakukan, mengingat kecenderungan masyarakat dalam penggunaan sampah plastik sangat tinggi.

 

Zaki, begitu akrab disapa, mengaku sampah plastik yang berhasil dikumpulkan itu nantinya akan didaur ulang menjadi kerajinan tangan seperti tas dan kerajinan tangan kreatif. Proses pengumpulan sampah dilakukan dengan mencari di tempat pembuangan akhir (TPA) dan sejumlah kampus di Pamekasan. Meski terkendala alat, kegiatan daur ulang sampah plastik menjadi barang yang bermanfaat akan terus dilakukan.

 

“Rencana awal kami maunya sampah plastik itu dibakar, kemudian dibentuk menjadi sesuatu.Tapi karena terkendala di alat, jadi kami hanya mendaur ulang sampah plastik menjadi tas dan lain-lain,” terangnya.

Baca Juga :  Warga Pulau Giligenting Pertanyakan CSR KKKS Medco

 

Sementara itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Pamekasan Cahya Wibawa sangat mendukung dan mengapresiasi gerakan tersebut. Menurutnya, adanya gerakan itu menunjukkan kelompok cinta lingkungan bertambah. Dia berharap, kegiatan tersebut menjadi agenda jangka panjang yang bisa memotivasi pemuda lainnya untuk turut serta dalam mengurangi penggunaan sampah plastik.

 

“Action jangka panjangnya tidak hanya di pembuatan kerajinan tangan, akan tetapi diharapkan pula bisa mendaur ulang sampah organik menjadi pupuk organik, misalnya,” terang Cahya (9/11/2022).

 

Reporter: KM 65

 

Redaktur: Wawan A. Husna

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *