Dirut Kabar Madura Group Jadi Dosen Praktisi di Unira

Pendidikan9 Dilihat

KM.ID | PAMEKASAN – Direktur Utama (Dirut) Kabar Madura Group Hairul Anam, menjadi Dosen Praktisi di Universitas Madura (Unira) sejak September 2022. Alumnus Pondok Pesantren Annuqayah ini mengajar materi Fotografi Jurnalistik.

Praktisi Mengajar tersebut merupakan program dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) RI. Pria yang akrab disapa Kak Anam ini lulus program tersebut berbasis kompetensi di bidang pers.

Selama mengajar, Anam berbagi wawasan dan pengalaman terkait jenis-jenis fotojurnalistik, pewarta foto, foto jurnalistik yang mendunia, elemen fotojurnalistik dan metode EDFAT.

Pemotretan kategori foto tunggal dan foto esai juga dijabarkan secara tuntas oleh Anam. Termasuk materi perencanaan penerbitan media cetak, rapat redaksi, penugasan dan peliputan, liputan jurnalis foto dan jurnalis tulis, layout/tata letak media cetak, dan penerbitan (printing) media cetak.

Selama mengajar, pria yang juga menjabat Dirut Media Jatim ini tidak hanya terfokus pada materi yang ditentukan oleh Kemendikbudristek RI. Namun, Anam juga memadukannya dengan pengalamannya selama bergelut di dunia jurnalistik.

Baca Juga :  Terpilih Jadi Rektor UTM, Dr. Safi' Tegaskan Percepatan Menuju PTN BLU

“Yang paling berkesan selama di dunia jurnalistik adalah saat saya ditangkap polisi kala liputan di Madinah,” ungkap Anam.

Ketika itu, Anam ditangkap karena terciduk memotret aksi polisi Arab yang mengobrak-abrik lapak PKL. Para PKL yang berjualan di dekat halaman Masjid Nabawi dibersihkan oleh polisi.

Anam juga berbagi pengalaman saat liputan pelebaran Masjidil Haram di Makkah. Termasuk liputan mendalam pola pembelajaran Syaikh Ajlani yang memaksimalkan serambi Masjidil Haram.

Dari delapan tatap muka, Anam memaksimalkan dua pertemuan dengan praktik. Dirinya menekankan penguasaan cara membuat caption foto dari foto tunggal dan foto esai.

Anam menggaransi 33 mahasiswanya itu piawai dalam hunting dan membuat caption foto. Hal itu dibuktikan dari kemampuan mahasiswa mempresentasikan hasil reportase serta dalam membuat caption foto.

Selama mengajar, Anam ditemani dosen pengampu. Yaitu, Ainur Rofiq. Ainur dan Anam tampak berkolaborasi dalam mendidik para mahasiswanya.

Baca Juga :  Program Bangkalan Mengaji Belum Sentuh Sekolah di Pelosok¬†

“Mahasiswa tampak suka dengan pola mengajarnya Mas Anam yang selalu enerjik,” ungkap Ainur.

Sementara itu, Kepala Prodi (Kaprodi) Bahasa Indonesia Harsono menegaskan, dirinya bersyukur sekaligus bangga bisa bermitra dengan pimpinan tertinggi Kabar Madura Group yang terdiri dari Koran Kabar Madura, Kabarmadura.id, dan KMavis TV.

“Kami berharap Mas Anam tetap berkenan manakala nanti kami kembali ingin menjalin kemitraan,” tukas Harsono.

Reporter: Sule Sulaiman

Redaktur: Wawan Awalluddin Husna

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *