PASI Sumenep Siapkan Atlet di Tengah Keterbatasan Fasilitas

News163 views

KABARMADURA.ID | Keterbatasan fasilitas tidak menyurutkan semangat sebagian orang maupun komunitas, atau perkumpulan lainnya dalam meningkatkan kualitasnya untuk tetap berprestasi. Hal itu rupanya juga dirasakan dan dialami cabang olahraga (cabor) Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PASI) di Kabupaten Sumenep.

MOH RAZIN, SUMENEP

Banner Iklan Stop Rokok Ilegal

Di tengah fasilitas yang kurang memadai,Cabor PASI Sumenep tetap berupaya untuk memberikan kontribusinya di bidang olahraga untuk kabupaten berjuluk Kota Keris itu. Para atlet yang ada di cabor itu tetap berkompetisi secara maksimal, bahkan berusaha untuk meraih hasil yang luar biasa. 

Ketua Cabor PASI Sumenep Abd. Moedjib mengatakan, jika bicara sarana dan prasarana (sarpas) Cabor PASI Sumenep tidak sepadan dengan kabupaten/kota lainnya. “Jika berbicara sarpras, sampai sekarang masih kurang. Kami tidak punya lintasan lari. Lintasan di pinggir lapangan itu tidak bisa dipakai,” kata dia.

Baca Juga:  Disbudporapar Sentil KONI Sumenep soal Pilah-Pilih Cabor

Menurutnya, minimnya fasilitas berdampak pada persiapan yang akan dilakukan dalam menatap kejuaraan yang bakal dijalaninya. Itu menjadi kendala utama. Dia mengungkapkan, hingga saat ini, di Sumenep belum tersedia lintasan lari. Padahal, itu merupakan syarat utama untuk memaksimalkan pelatihan atlet.

Kendati terkendala fasilitas yang terbatas, Cabor PASI Sumenep tidak pernah kehabisan cara agar para atletnya tetap unjuk gigi dan berprestasi. Salah satu yang dilakukannya, yakni melakukan latihan ke luar daerah, seperti Sidoarjo, Surabaya, Pamekasan dan lainnya. Termasuk melakukan berbagai siasat latihan lainnya. 

“Salah satunya dengan cara menggembleng atlet pakai lintasan panjang, seperti pakai jalan raya,” terangnya.

Baca Juga:  Kembali Optimis Bawa Madura United FC Finish Empat Besar

Alhasil, Moedjib mengatakan, optimisme yang kuat, Cabor PASI Sumenep mendapatkan plotingan 12 cabor untuk dikirimkan pada Pekan Olahraga Provinsi Timur (Porprov Jatim) 2023. 

Jatah 12 atlet itu, kata dia, didapatkan karena ada kebijakan KONI setempat untuk melakukan penambahan, yang awalnya 10 menjadi 12 atlet. “Jadi, semuanya 12 atlet yang kita persiapkan. Kita menambah 2 atlet secara mandiri,” pungkasnya.

Sekadar diketahui, atlet pasi Sumenep yang berhasil memetik prestasi, di antaranya Sulaifan, juara 1 kategori lari 200 meter putra,  Maulana Ismail, juara 1 kategori 400 meter putra, dan Moh. Indra, juara 2 kategori 400 meter putra.

Redaktur: Moh. Hasanuddin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *