Pemdes Kertagena Tengah Pamekasan Raih Penghargaan TTG dari Kemendes PDTT RI

Uncategorized13 Dilihat

KABARMADURA.ID | PAMEKASAN -Pemerintah Desa (Pemdes) Kertagena Tengah, Kecamatan Kadur, Pamekasan berhasil meraih prestasi gemilang. Yakni, juara harapan pada lomba Teknologi Tepat Guna (TTG) Nusantara XXIIX tahun 2022. Bahkan, penghargaan diterima langsung dari Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Republik Indonesia (Kemendes PDTT RI), Rabu (19/10/2022).

 

Kepala Desa (Kades) Kertagena Tengah Suto mengatakan, keberhasilan warganya meriah prestasi TTG akan terus dibina. Bahkan, akan menjadikan sebagai salah satu unit usaha yang dikembangkan oleh Badan Usaha Milik Desa (Bumdes). Tujuannya, agar manfaatnya bisa dirasakan oleh setiap warga di desa.

 

“Tentu kami bersyukur, bangga dan berbahagia, ternyata dengan ketekunan dan semangat mau belajar, siapa saja bisa berinovasi, termasuk warga desa kami,” ujarnya kepada Kabar Madura.

 

Dia berjanji, akan terus memfasilitasi setiap warga agar terus berinovasi di bidang teknologi. Bahkan sudah membentuk wadah Pos Pelayanan Teknologi Desa (Posyan Tekdes) Kerta Guna. Inovasi di bidang teknologi, sangat dibutuhkan oleh masyarakat. “Tentu, sudah ada beberapa teman yang ingin berkunjung dan belajar tentang inovasi ini dan kami nanti akan mengajak memanfaatkan inovasi ini di daerah masing-masing,” tuturnya.

Baca Juga :  Terhambat Laporan, Disdik Sumenep Tahan Gaji Guru Program Wajib Diniyah

 

Untuk diketahui, TTG yang berhasil menyabet penghargaan dari Kemendes PDTT RI berupa inovasi pada pom bensin mini. Manfaatnya, ketika pelanggan mengisi bahan bakar minyak (BBM) cukup memasukan sejumlah uang yang diinginkan. Kemudian memilih jenis BBM yang akan dibeli. Selanjutnya, BBM akan keluar dari selang sesuai dengan uang yang dimasukan.

 

“Mudah-mudahan muncul inovasi-inovasi baru di bidang TTG. Karena dampaknya cukup signifikan terhadap peningkatan kualitas hidup dan kesejahteraan masyarakat,” harapnya. (*)

 

Reporter: Khoirul Umam Syarif

 

Redaktur: Totok Iswanto

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *