Pemkab Pamekasan Galakkan Plesir Desa untuk Perkuat Wisata Desa

News9 Dilihat

KABARMADURA.ID | PAMEKASAN-Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pamekasan terus berinovasi untuk memberdayakan sektor ekonomi desa. Hal itu ditunjukkan dengan me-launching program Plesir Desa  di destinasi wisata Desa Bukit Kehi, Desa Kertagenah Daya, Kecamatan Kadur, Pamekasan, Rabu (12/14/2022).

Launching program dilaksanakan Bupati Pamekasan Baddrut Tamam, didampingi Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Pamekasan Fathorrachman, Kepala Kejaksaan Negeri (Kejari) Pamekasan Mukhlis, Dandim 0826 Pamekasan Letkol Inf Ubaidillah, dan perwakilan Forum Koordinator Pimpinan Daerah (Forkompimda) Pamekasan.

Dalam launching itu, hadir pula para kepala desa, camat dari 13 kecamatan, dan kepala organisasi pimpinan daerah (OPD).

Menurut Bupati Pamekasan Baddrut Tamam, peningkatan ekonomi desa melalui pemetaan potensi merupakan salah satu cara dalam mendorong siklus pertumbuhan ekonomi di desa. Karenanya, dengan adanya program Plesir Desa tidak hanya menawarkan keindahan destinasi wisatanya, melainkan hasil dari pengembangan potensi desa buah dari program Desa Tematik.

Baca Juga :  Pemdes Waru Barat Targetkan Tema di Masing-masing Dusun

“Di sini ada wisata Bukit Kehi, sebagian dari isinya adalah wisata, tetapi kan wisata itu bukan hanya suasananya, tetapi ada souvenir. Alhamdulillah desa yang sudah dilatih melalui Desa Tematik sudah menyatu dan memasarkan hasil potensinya di destinasi yang masuk pada program Plesir Desa,” paparnya, Rabu (14/12/2022).

Hal itu selaras dengan keinginannya bahwa menciptakan kesejahteraan masyarakat bisa dimulai dari desa melalui pemberdayaan peningkatan ekonomi masyarakat.

“Kami sangat berterima kasih kepada kades, camat, perkasa, dan masyarakat karena sudah mau bersama-sama membangun kesejahteraan desa,” ulasnya.

Sementara itu, cakupan program Plesir Desa terdiri dari 8 destinasi wisata yang dikelola badan usaha milik desa (BUMDes). Kemudian dikerjasamakan dengan penyedia travel. Dalam pelaksanaannya nanti, akan menjadi satu perjalanan yang secara bergiliran bisa dikunjungi sesuai dengan keinginan para wisatawan.

Bahkan untuk menopang program tersebut, sudah dilakukan penandatanganan kerja sama dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) dan Cabang Dinas Pendidikan (Cabdindik) Jawa Timur wilayah Pamekasan. Tujuannya, tujuan siswa berwisata bisa mengunjungi destinasi yang sudah tergabung di Plesir Desa.

Baca Juga :  Kejari Sumenep Didesak Tuntaskan Dugaan Korupsi Gedung Dinkes dan PTSL

“Jadi mimpi kami ekonominya bergeraknya di Pamekasan, kalau mau liburan tidak usah jauh-jauh,” ulas Kepala DPMD Pamekasan Fathorrachman.

Kepala Desa (Kades) Kertagenah Daya H. Zainani juga sangat berterima kasih atas dukungan dari Pemkab Pamekasan untuk bisa menggerakan ekonomi desa melalui pengembangan potensi desanya.

“Semoga kegiatan Plesir Desa bisa menjadi salah satu penggerak ekonomi di desa,” harap H. Zainani.

Reporter: Khoyrul Umam Syarif 

Redaktur: Wawan A. Husna

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *