Tim Verifikasi Stadion PUPR Tinjau Langsung Kelayakan SGMRP Pamekasan

Olahraga23 Dilihat

KABARMADURA.ID | PAMEKASAN – Tepat hari Rabu (14/12/2022), tim verifikasi stadion dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Republik Indonesia (RI) meninjau langsung ke Stadion Gelora Madura Ratu Pamelingan (SGMRP) Pamekasan. Peninjauan tersebut untuk memverifikasi stadion yang didaftarkan ke PT Liga Indonesia Baru (LIB).

Dalam rangka transformasi sepak bola nasional, pemerintah memverifikasi ulang semua stadion. Hal tersebut untuk memastikan sudah sesuai standar atau masih harus ada pembenahan. Tim verifikasi stadion didampingi Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pamekasan dan representasi dari manajemen, panitia pelaksana (panpel), dan suporter Madura United.

Setelah mendampingi para verifikator, Kepala Keamanan Panpel Madura United Sapto Wahyono memastikan, stadion tersebut yang akan digunakan sebagai venue tim berjuluk Laskar Sape Kerrab itu. Sementara itu, pihaknya masih menunggu rekomendasi dari tim verifikasi stadion agar bisa digunakan.

“Kami siap menggelar laga kandang di Madura secara prinsip. Tapi, apapun rekomendasi dari teman-teman (Kementerian) PUPR kepada pemkab. Kami mohon agar dibenahi, diperbaiki, semoga sesuai standar nasional maupun FIFA,” jelasnya.

Baca Juga :  Madura United Nodai Tren Kemenangan PSM Makassar

Terkait hal itu, Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Kadisporapar) Pamekasan Kusairi mengakui SGMRP Pamekasan belum sempurna. Sehingga beberapa sisi perlu diperbaiki. Phaknya sedang menanti rekomendasi dari tim verifikasi stadion guna memenuhi standar tersebut.

“Ada beberapa yg memang harus kami perbaiki, tapi kami tetap menunggu rekomendasi apa saja yang perlu kami benahi. Tapi pastinya, nanti setelah keluar rekomendasi dari pusat, saya sampaikan secara detail,” terangnya.

Direktur Prasarana Strategis Kementerian PUPR RI Essy Asiah mengantongi sejumlah catatan terkait SGMRP Pamekasan. Namun, dia akan mengungkapkan secara detail setelah diskusi matang bersama tim.

“Kami akan diskusikan lagi, tapi evaluasi itu, kita menyangkut kepada keandalan bangunan terhadap keselamatan, keamanan, kenyamanan, dan kesehatan,” ulasnya.

Pihaknya mengevaluasi segi struktur, arsitek, dan faktor risiko terhadap keamanan. Jika ada permasalahan akan dikaji. Sementara hasilnya masih akan dirapatkan. Verifikasi stadion itu dalam rangka putaran kedua kompetisi Liga 1 2022-2023 digelar dengan kembali ke format home-away. Saat ini, kompetisi masih menggunakan sistem bubble to bubble.

Reporter: Syahid Mujtahidy

Baca Juga :  KONI Sampang Beri Reward Atlet Cabor Berprestasi

Redaktur: Muhammad Aufal Fresky

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *