Pemkab Pamekasan Prioritaskan BLT DBHCHT 2023 ke Buruh Pabrik Rokok

News153 views

KABARMADURA.ID | PAMEKASAN-Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pamekasan menggelar sosialisasi Bantuan langsung Tunai (BLT) Dana Bagi Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT) yang menyasar pengusaha pabrik rokok, karena pada tahun 2023 buruh pabrik rokok menjadi prioritas penerima.

Kegiatan yang diikuti sebanyak 68 pabrik rokok tersebut dilaksanakan di ruang Pertemuan Hotel Cahaya Berlian, Kamis (13/7/2023).  Agenda itu dihadiri oleh Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Pamekasan Herman Hidayat Santoso, Kepala BPJS Ketenagakerjaan Pamekasan Anita Ardhiana, perwakilan Kejaksaan Negeri Pamekasan, dan beberapa undangan lainnya.

Banner Iklan Stop Rokok Ilegal

Kepala Dinsos Pamekasan Herman Hidayat Santoso menyampaikan, prioritas utama dalam sasaran penerima BLT DBHCHT 2023 lebih mementingkan buruh di pabrik rokok, sebab dia yang bersentuhan langsung terhadap proses produksi rokok, di mana dari hasil produksinya ada feedback kepada Pemkab Pamekasan berupa DBHCHT.

Baca Juga:  80 Proyek Milik Dinkes Pamekasan Ditarget Selesai 30 Hari

“Program apa pun memang wajib melakukan sosialisasi, agar program bisa sampai kepada objek langsung, jadi agar mereka paham tentang syaratnya, berbagai ketentuan yang wajib dipenuhi,” tuturnya.

Dia menjelaskan, untuk realisasi BLT DBHCHT akan direalisasikan pada September sampai Oktober mendatang, tetapi yang akan dilakukan terlebih dahulu adalah inventarisasi data penerima, khusus buruh pabrik rokok awal Agustus sudah bisa rampungkan, sembari dilakukan inventarisasi data dari buruh tani tembakau, sebab untuk sasaran penerima berasal dari keduanya sama halnya dengan yang sudah terealisasi pada 2022 lalu.

Baca Juga:  Collabonation Tour IM3 Dapat Sambutan Baik di Kabupaten Pamekasan

“Khusus buruh pabrik rokok akan diambil semua usulan dari pabrikan, asalkan sesuai dengan kriteria,” ujarnya.

Adapun kriteria penerima BLT DBHCHT 2023 di antaranya; harus diusulkan dari pimpinan perusahaan tempat bekerja, warga Pamekasan, penerima harus terdaftar menjadi peserta Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan. Sedangkan kuota penerima BLT DBHCHT Pamekasan 2023 sebanyak 23.950.

“Kami harapkan BLT DBHCHT tepat sasaran, tepat jumlah, dan tepat manfaat, sebab dari awal sudah diketahui oleh masyarakat tentang program ini,” imbuhnya.

Pewarta: Khoyrul Umam Syarif 

Redaktur: Wawan A. Husna

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *