Presiden Jokowi Kunjungi Stan Batik Pamekasan di World Conference on Creative Economy Bali

Uncategorized18 Dilihat

KM.ID | BALI — Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) menutup rangkaian Gebyar Batik Pamekasan (GBP) 2022 di World Conference on Creative Economy di Bali, Kamis (6/10/2022) dan Jumat (7/10/2022).

 

Selain dapat ruang untuk fashion show Batik Pamekasan di acara internasional ini, Disperindag mendapat satu jatah stan untuk bazar batik dan produk UMKM di Bali International Convention Centre.

 

Stan bazar ini dikunjungi langsung oleh Presiden Joko Widodo dan Menparekraf RI Sandiaga Uno. Saat berkunjung, Jokowi bertanya tentang apa saja produk lokal Pamekasan.

 

Kemudian, Jokowi sempat terpana melihat patung kayu kerapan sapi yang dipajang di bagian depan stan. Lalu, memandangi video GBP 2022 di Bromo Tengger yang diputar di layar monitor stan.

 

Penjaga Stan Batik dan UMKM Pamekasan, Abdurrahman (36), menuturkan, Presiden Jokowi berkeliling ke semua stan bazar.

Baca Juga :  Lihai Hilangkan Jejak Penyimpangan, Banyak Laporan Petani soal Pupuk Gagal Ditindaklanjuti

 

Namun, hanya berhenti di beberapa stan saja. Salah satunya di Stan Bazar Batik dan Produk UMKM Pamekasan.

 

“Beliau bertanya, produk lokal Pamekasan Madura apa saja,” kata Abdurrahman kepada KM.ID, Kamis (6/10/2022).

 

“Saya menjelaskan, batik dan kualitasnya, kemudian camilan, dan produk UMKM lain yang kita bawa dari Pamekasan,” sambung pria asal Desa Klampar, Kecamatan Proppo itu.

 

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Pamekasan Achmad Sjaifudin mengatakan, GBP di Bali merupakan the last show atau pameran pamungkas 2022.

 

Dia bersyukur bisa tampil di acara internasional. Sekaligus, dia berharap, Batik Pamekasan semakin dikenal luas hingga ke mancanegara.

 

“Kita berharap, GBP ini jadi corong promosi Batik dan produk UMKM Pamekasan ke seluruh wilayah. Makanya kita mencari event-event dan berkolaborasi, harapannya feedback dan pasar baru batik kita,” terangnya.

Baca Juga :  Program Regsosek Tembus Rp10 Miliar, BPS Sampang Bakal Rekrut Ribuan Petugas

 

Redaktur: Ongky Arista UA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *