Ribuan Massa Kepung Mapolres Sampang, Buntut Dugaan Tindakan Tidak Etis Oknum Polisi

News58 views

KABARMADURA.ID | SAMPANG-Ribuan massa yang mengatasnamakan Aliansi Masyarakat Camplong Menggugat (AMCM) melakukan aksi damai di depan Mapolres Sampang, Senin (13/11/2023).

Aksi tersebut buntut dari oknum Tim Opsnal Satreskrim Polres Sampang yang diduga melakukan tindakan nonprosedural terhadap salah seorang warga di Kecamatan Camplong beberapa waktu lalu.

Banner Iklan Stop Rokok Ilegal

Korlap aksi Abdul Azis Agus Priyanto mengatakan, kedatangan ribuan massa ini mendesak agar sejumlah oknum polisi yang melakukan tindakan tidak etis atau melaksanakan tugas tidak sesuai dengan standar operasional prosedur (SOP) untuk ditindak tegas. Mereka telah masuk ke rumah warga tanpa permisi.

Baca Juga:  Karena WUB, dari Tambal Ban ke Pengrajin Songkok Batik, hingga Tembus Pasar Malaysia!

Dia menilai tindakan itu sangat mencederai nama baik Koprs Bhayangkara. Menurutnya, kepolisian memang mempunyai wewenang melaksanakan tugas hingga ke tingkat desa. Akan tetapi, ada batasan yang harus ditaati, bukan lantas melakukan tindakan menyimpang dan justru melanggar kode etik kepolisian.

“Kami akan melaporkan ulah oknum Polres Sampang ini ke Propam Polda, bahkan ke Paminal Mabes Polri. Kami sangat kecewa tidak ditemui oleh kapolres langsung,” ujarnya.

Sementara Wakapolres Sampang Kompol Jalaluddin berjanji akan menindak tegas perilaku anggotanya yang telah diduga melanggar kode etik tersebut. Bahkan, pihaknya meminta kepada massa aksi untuk membantu mengumpulkan data dugaan pelanggaran kode etik tersebut.

Baca Juga:  Pemilu 2024, Said Abdullah: Perbedaan Jangan Melahirkan Perpecahan!

“Prinsipnya, kami (Polres Sampang, red) tidak akan semena-mena dalam mengambil keputusan terkait tuntutan ini. Tetapi, jika anggota yang benar-benar bersalah, maka akan ditindak tegas sesuai regulasi dan hukum yang berlaku,” tegasnya.

Sekedar diketahui, kasus yang dipermasalahkan massa aksi ini terjadi pada Selasa lalu (7/11/2023), sekitar pukul 02.00 dini hari. Saat memasuki rumah warga di Kecamatan Camplong secara paksa, sejumlah oknum polisi dari Polres Sampang itu diduga tidak mengantongi surat tugas.

Pewarta: Subhan

Redaktur: Sule Sulaiman

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *