RSUD dr. H. Moh. Anwar Sumenep Buka Ruang Konsultasi Kesehatan di Poli Anak

News17 views

KABAR MADURA | Melalui poli anak yang disediakan, Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr. H. Moh. Anwar Sumenep terus berupaya tepat dalam memberikan pelayanan kesehatan anak sejak dini.

Direktur Utama (Dirut) RSUD dr. H. Moh. Anwar Sumenep Erliyati menyampaikan, penyakit anak merupakan kejadian yang kerap terjadi dan  membuat panik para orangtua, terutama bagi yang baru melahirkan anak pertama.

“Maka di poli anak ini para orang tua bisa bebas berkonsultasi, untuk mengatasi persoalan penyakit yang kerap terjadi pada anak,” kata dia.

Sehingga, semua saran dari masyarakat menjadi masukan untuk terus berbenah, termasuk melengkapi layanan di berbagai aspek salah satunya melakukan edukasi pentingnya menerapkan pola hidup sehat kepada masyarakat.

Baca Juga:  RSUD dr. H. Moh Anwar Sumenep Komitmen Beri Pelayanan Terbaik

Misalnya, imbauan anak harus diimunisasi, orangtua harus peka. Sebab, imunisasi merupakan upaya tindakan kesehatan paling efektif dan efisien dalam mencegah terjangkitnya penyakit menular yang berbahaya bagi anak-anak.

Selain itu, layanan imunisasi juga termasuk program yang dicanangkan pemerintah sejak tahun puluhan tahun yang lalu.

Dr. Erliyati juga memaparkan, imunisasi yang sesuai dengan program pemerintah dibagi menjadi dua macam, yakni imunisasi rutin dan imunisasi tambahan.

Secara detail dijelaskan, imunisasi rutin dibagi lagi menjadi tiga bagian yaitu imunisasi dasar yang diberikan kepada bayi, imunisasi yang diberikan kepada baduta (bayi di bawah dua tahun) dan imunisasi anak usia sekolah.

Baca Juga:  RSUD dr H Moh Anwar Sumenep Buka Layanan Poli Kelamin dan Kulit

“Sedangkan imunisasi tambahan hanya diberikan kepada kelompok khusus dan pada kurun tertentu saja,” imbuhnya.

Pihaknya juga menyampaikan tujuan dari imunisasi adalah satu upaya untuk memberikan kekebalan imun kepada anak dengan menggunakan dua konsep tindakan, yaitu menyuntikkan vaksin dan yang kedua diminumkan atau per-oral.

“Tidak hanya imunisasi, saran-saran lain harus terus diindahkan. Sebab, semuanya memang untuk kepentingan masyarakat,” pungkasnya.

Pewarta: Moh. Razin

Redaktur: Wawan A. Husna

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *