Sebagian Besar Wilayah Kepulauan Sumenep Belum Diterangi Listrik

News40 views

KABARMADURA.ID | SUMENEP-Persoalan listrik di Sumenep, khususnya di kepulauan, diakui Kepala Bidang (Kabid) Pendayagunaan Teknologi Tepat Guna (TTG) Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Sumenep Fadholi, memang masih jauh maksimal. Bahkan, tahun 2023 ini hanya dibangun di dua pulau saja. 

Namun pihaknya menjamin listrik di dua pulau itu akan beroperasi tahun ini. Dua pulau itu adalah Sapeken dan Raas. 

“Untuk penerangan memang tidak disediakan dari anggaran pendapatan belanja daerah (APBD). Tetapi hasil koordinasi tahun ini tetap ada tambahan penerangan,” kata dia, Selasa (26/9/2023). 

Baca Juga:  Pelaksanaan PAW Kades Karamian Kecamatan Masalembu Sumenep Terganjal Sistem Penganggaran

Sejauh ini, sarana pendukung seperti tiang listrik sudah terpasang, termasuk beberapa sarana lainnya. Selanjutnya, tinggal menunggu akses jaringan listriknya. 

Kendati demikian, jaringan listrik baru itu tidak bisa mengakses seluruh pulau tersebut, terutama di Raas, karena masih ada pulau lagi. 

“Itu saja untuk tahun ini, untuk pulau-pulau yang lain masih belum diproses, mau fokus dulu ke yang dua pulau itu,” imbuhnya. 

Sedangkan pulau lain yang belum tersentuh listrikseperti di Kecamatan Masalembu, Gili Genting, kepulauan Gili Raja dan daerah yang lainnya. 

“Karena diakui untuk akses ke kepulauan memang tidaklah mudah, butuh proses yang panjang dan biaya yang cukup besar,” pungkasnya. 

Baca Juga:  80 Proyek Milik Dinkes Pamekasan Ditarget Selesai 30 Hari

Pewarta: Moh. Razin

Redaktur: Wawan A. Husna

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *