Tahun 2022, Angka Lakalantas di Pamekasan Meningkat

News14 Dilihat

KABARMADURA.ID | PAMEKASAN-Sepanjang tahun 2022, angka kecelakaan lalu lintas (lakalantas) di Pamekasan mengalami peningkatan dari 2021. Jika pada 2021 total angka lakalantas mencapai 280 kasus, per November tahun 2022 meningkat jadi 394 kasus.

Kepala Satuan Lalu Lintas (Kasatlantas) Polres Pamekasan AKP M. Munir mengatakan, ada beberapa titik yang rawan kecelakaan, di antaranya Jalan Raya Pamekasan-Sumenep, Desa Artodung, Kecamatan Galis, dan beberapa wilayah lainnya. Kecelakaan yang  terjadi didominasi oleh kendaraan roda dua.

Menurut Munir, tingginya angka lakalantas itu dikarenakan tingkat kepatuhan berlalu lintas masyarakat masih rendah.

“Penerapan e-tilang dalam menekan terjadinya kecelakaan masih belum maksimal, karena kepatuhan berlalulintas sangat minin,” terangnya.

Pihaknya juga telah melakukan beberapa upaya dalam mengurangi terjadinya lakalantas. Seperti sosialisasi secara langsung atau mengadakan pelaksanaan pendidikan masyarakat bidang lalu lintas (dikmas lantas), giat patroli di wilayah rawan lakalantas, dan memasang papan imbauan daerah rawan kecelakaan.

Baca Juga :  Produsen Lokal Madura Berebut Pasar Menggiurkan Air Minum Kemasan

Munir berharap, upaya tersebut bisa memberikan peringatan kepada masyarakat dalam kedisiplinan berlalulintas. Selain itu, agar masyarakat bisa mematuhi aturan yang berlaku. Tidak hanya itu, dia mengimbau masyarakat taat hukum dalam berlalulintas di jalan.

“Kefatalan laka ini bisa kita cegah, salah satunya dengan cara mematuhi hukum berlalu lintas. Jika semua masyarakat tertib, angka kasus kecelakaan itu dengan sendirinya akan berkurang,” ungkap Munir.

Reporter: KM 65

Redaktur: Wawan A. Husna

dengan rincian menninggal dunia (MD) 87, luka berat (LB) 4, dan luja ringan (LR) 417. kasus dengan rincian 105 MD dan 283 LR.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *