UNIBA Madura-K-TV Jalin Kerja Sama, Rektor Tergerak Buka Jurusan Ilmu Komunikasi

News, Headline240 views

KABARMADURA.ID | PAMEKASAN-Universitas Bahaudin Mudhary (UNIBA) Madura menjalin kerja sama dengan PT. Kharisma Televisi Madura, badan hukum K-TV. Seremonial penandatanganan memorandum of understanding (MoU) tersebut digelar di kantor K-TV, Lantai II Grha Voice of Madura, Jalan Raya Panglegur, Pamekasan, Selasa (1/8/2023).

Jalinan kerja sama tersebut tentang pelaksanaan program magang Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) Mandiri selama lima tahun. 

Banner Iklan Stop Rokok Ilegal

Dengan kerja sama tersebut, K-TV memberikan 8 pos posisi di medianya untuk menjadi wadah belajar bagi mahasiswa UNIBA Madura. Setiap satu tahun akademik akan terdapat tiga gelombang masa magang, masing-masing selama empat bulan. Dari setiap gelombang, akan terdapat 25 peserta magang dari berbagai jurusan.

Rektor UNIBA Madura Prof. Dr. Rachmad Hidayat menyampaikan, kerja sama tersebut sangat membantu terhadap pendidikan mahasiswa kampus dengan tagline Terak Tak Adhemar ini. Mereka tidak sebatas belajar teori di kelas melainkan dapat praktik langsung di dunia kerja sembari dibimbing tenaga profesional.

Baca Juga:  BPRS Bhakti Sumekar Aktif Edukasi Pelajar Sumenep agar Melek Literasi Keuangan

“Mahasiswa kami tidak perlu rumit-rumit untuk belajar bagaimana mengelola pemberitaan, bagaimana mengelola yang urusannya dengan pertelevisian, sehingga ini poin penting terutama untuk UNIBA,” terangnya.

Selain itu, kerja sama tersebut menguatkan keyakinan Prof. Rachmad untuk membuka fakultas baru, yakni ilmu komunikasi. Sejatinya dia sudah lama akan membuka jurusan tersebut, tapi terkendala sumber daya manusianya (SDM). Sehingga waktu itu dia membuka program studi sistem informasi terlebih dahulu.

Melalui kerja sama itu, ucap Prof. Rachmad, membuka jalan bagi UNIBA Madura untuk menjalin kerja sama dosen praktisi dan praktikum bisa dilakukan di studio K-TV.

Baca Juga:  Gembleng Mahasiswa UNIBA Madura, Pemred K-TV: Jurnalis Harus Pintar Mencuri Perhatian Narasumber!

“Kami berharap bahwa ini akan berkembang terus sehingga kami tadi dengan sedikit berkelakar juga, semoga K-TV ini bisa menjadi labnya UNIBA. Berikutnya, kami bisa mengembangkan departemen atau prodi yang berhubungan dengan ilmu komunikasi,” jelasnya,

Sementara itu, Direktur K-TV Hairul Anam menyambut baik kerja sama tersebut. Pria yang juga menjadi ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pamekasan ini menerangkan, MoU tersebut menjadi salah satu bukti komitmen K-TV dalam ikut serta mengembangkan pendidikan, terutama di Madura.

“Ini tidak lain dalam rangka untuk sama-sama mendorong berkaitan dengan dunia pendidikan di Madura secara khusus dan di Indonesia tentunya secara umum,” tegasnya.

Pewarta: Syahid Mujtahidy

Redaktur: Wawan A. Husna

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *