Upaya PJSI Sumenep Rebut Medali di Porprov Jatim, Tekankan Tampil Maksimal, Hasil Jadi Nomor Sekian

News81 views

KABARMADURA.ID | Semua cabang olahraga (cabor) pasti mempunyai target juara dan membawa pulang medali emas. Namun berbeda dengan target dari cabor judo. Cabor ini tetap menekankan tampil maksimal dan tidak menarget hasil. 

MOH RAZIN, SUMENEP 

Perempuan berparas cantik ini merupakan salah satu petinggi sekaligus pelatih kontingen Persatuan Judo Seluruh Indonesia (PJSI) Sumenep. Dia memaparkan tentang aktivitas dan target yang akan dicapai di tahun 2023 ini. 

Ida Royani namanya. Dia menuturkan, pada setiap laga, salah satunya Pekan Olahraga Provinsi  Jawa Timur (Porprov Jatim) tahun 2023 ini, minimal bisa mempertahankan prestasi yang pernah diraih. 

Tahun sebelumnya, prestasi anak asuhannya berhasil meraih medali perdana di ajang Porprov Jatim VII 2022. Medali perdana tersebut dipersembahkan cabang olahraga judo yang berlangsung di GOR Baluran, Situbondo. 

Baca Juga:  BPJS Ketenagakerjaan Pamekasan Santuni Guru Ngaji

Medali perdana tersebut merupakan dua medali perunggu yang diraih saat hari pertama pelaksanaan pertandingan. Dua atlet judo Sumenep yang berhasil menggondol medali perunggu yakni 1 atlet putra dan 1 atlet putri. 

Untuk atlet putra diraih Insya Hayatur R di kelas-90 kg. Sedangkan atlet putri adalah Anggi Tria P, meraih medali perunggu di kelas-70 kg. Pertandingan berjalan secara fairplay dengan kemenangan ippon (100 poin) tanpa adanya banding hasil pertandingan. 

“Tentu kami cukup puas dengan hasil yang diraih. Kami akan berusaha untuk meningkatkan prestasi itu, minimal bisa mempertahankan itu,” tutur dia. 

Pada waktu itu, cabang olahraga judo Sumenep mengirimkan sekitar 4 atlet, total peserta sebanyak 133 atlet dari 18 kabupaten/kota se-Jawa Timur. Sedangkan tahun ini lebih banyak lagi yakni sekitar 12 atlet. 

Baca Juga:  Gelar Manasik Haji, Kepala Kemenag Pamekasan Ungkap Jemaah Lansia Bisa dengan Pendamping

“Semoga lebih banyak mendapatkan medali. Kami berharap mendapatkan medali emas tahun ini,” imbuhnya. 

Sementara di tahun ini dia sering menyampaikan kepada para atlet binaannya, bahwa semua cabor memang targetnya harus membawa medali. Tapi pihaknya menekankan ke para atlet agar tampil maksimal serta menjaga mental yang kuat. 

Sebab, jika keduanya sudah maksimal maka otomatis PJSI Sumenep bisa lolos ke babak di mana akan merebut medali, yaitu mempertahankan gelar juara setiap tahunnya di perak dan perunggu.

Dia melanjutkan, pada persiapan Porprov Jatim, ada belasan atlet yang disiapkan dan digodok untuk memetik prestasi dalam rangka mengharumkan nama kabupaten paling timur Pulau Madura ini. 

“Kami terus berlatih intens, mulai dari latihan teknik, penguatan mental dan skill,” paparnya.

Redaktur: Wawan A. Husna

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *