284 Guru di Pamekasan Gigit Jari, Belum Terima Insentif Tahunan

News, Pendidikan23 views

KABARMADURA.ID | PAMEKASAN – Sedikitnya, 284 rekening guru penerima insentif tahunan bermasalah. Akibatnya, bantuan dana terhadap para guru belum bisa masuk ke rekening dari bank penyalur. Hal tersebut diungkapkan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Pamekasan Akhmad Zaini, Senin (5/8/2023). 

Menurutnya, permasalahan pada rekening guru penerima lantaran adanya perubahan data penerima. Namun secara umum, insentif tahunan yang diberikan kepada guru di setiap level pendidikan sebagai salah satu upaya dalam meningkatkan kesejahteraan guru. Bahkan pencairan setiap tahun sekali sudah sesuai regulasi. Sebab bukan dalam bentuk gaji dan sasarannya mayoritas guru honorer.

“Ada yang sudah ditransfer ke rekening penerima sebelum lebaran, ada yang sesudah, karena adanya persoalan rekeningnya dan ada datanya yang berubah,” ujarnya kepada Kabar Madura. 

Baca Juga:  Tahun Depan Beasiswa Santri di Pamekasan Terancam Ditiadakan 

Pihaknya menuturkan, untuk penerima insentif tahunan diberikan kepada 6.409 guru. Namun dalam realisasinya pada bulan April lalu terdapat 284 rekening guru yang tercantum sebagai penerima tidak tersampaikan. Sebab rekeningnya bermasalah. Persoalannya meliputi, salah kirim nomor rekening, ada rekeningnya mati dan ada rekening penerima yang pasif.

“Mungkin pas waktu mengambil uang di rekeningnya di habisin uangnya, ditransfer Rp600 ribu ya diambil Rp600 ribu ya sudah rekeningnya mati,” tuturnya. 

Secara terperinci untuk penerima insentif tahunan meliputi, 1.423 guru jenjang pendidikan sekolah menengah pertama (SMP), 1.342 guru sekolah dasar (SD), 2.090 guru Pendidikan Usia Dini (PAUD) dan Taman Kanak-Kanak (TK). Keseluruhan guru penerima insentif mencapai 6.409 guru.

Baca Juga:  ISNU Pamekasan Peringati HSN dengan Nobar dan Pembacaan 1 Miliar Shalawat Nariyah

“Untuk pencairanya sudah dilakukan pada tanggal 18 April 2023. Insentif tersebut tidak dilakukan secara tunai, melainkan dilakukan secara non tunai melalui perbankan dengan jumlah nominal Rp600 ribu per orang, jika ditotal Rp3.845.400.000 yang  berasal dari anggaran pendapat dan belanja daerah (APBD) tahun 2023,” jelasnya.

Rincian Guru Penerima Insentif Tahunan

  • SMP
    • 1.423 guru
  • SD
    • 1.342 guru
  • PAUD dan TK
    • 2.090 guru
  • Total 
    • 6.409 guru

Pewarta: Khoyrul Umam Syarif 

Redaktur: Totok Iswanto

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *