Bupati Sumenep Ajak Insan Pers Cerdaskan Masyarakat

News51 views

KABARMADURA.ID | SUMENEP-Momentum perayaan Hari Pers Nasional (HPN) 2023 dan Hari Ulang Tahun (HUT) Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) ke-77 menjadi kesempatan khusus bagi Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumenep. Terutama, untuk mencerdaskan masyarakat dalam memilih informasi. 

Bahkan Bupati Sumenep Ra Achmad Fauzi mengajak insan pers untuk saling bahu-membahu agar masyarakat tidak mudah mengkonsumsi informasi hoax. Sebab di era yang serba digital, tentu berdampak pada derasnya informasi dari media sosial (medsos). 

“Tidak jarang masyarakat itu termakan dengan adanya berita-berita hoax.
Ini tentu tugas pers untuk memberikan pencerahan agar masyarakat bisa memiliki rujukan informasi yang valid, di masa-masa saat ini,” ujar pria yang akrab disapa cak Fauzi kepada Kabar Madura, Kamis (9/2/2023). 

Baca Juga:  Pemkab Sumenep Resmi Tambah Tiga OPD

Dia menegaskan, tugas mencerdaskan intelektual publik merupakan tanggung jawab para insan pers. Sehingga, bisa saling bahu-membahu bersama pemerintah dalam mengedukasi masyarakat. Dengan demikian, di tengah serangan berita yang tidak sesuai fakta mampu diserap dengan baik.  

Selain itu, dia juga meminta pelaku media juga harus mendampingi dan mengawal kebijakan serta membantu memelihara kondusifitas kabupaten yang identik dengan slogan Kota Keris.  “Tujuannya, agar keinginan pemerintah dalam mewujudkan peningkatan ekonomi, pendidikan dan sosial masyarakat bisa dilalui dengan mudah,” tegasnya.  

Suami dari Nia Kurnia Fauzi ini berharap, insan pers juga bisa membantu membranding potensi yang ada di Sumenep. Misalnya berita-berita tentang objek wisata. Agar ketersediaannya, bisa diketahui oleh masyarakat secara luas. “Ini yang paling penting, mudah-mudahan insan pers dan pemkab terus bersinergi,” harapnya. (*)

Pewarta: Moh. Razin 

Baca Juga:  Pemkab Pamekasan Peroleh Dana Insentif Fiskal Kemiskinan Ekstrem Rp15 Miliar

Redaktur: Totok Iswanto

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *