Disbudporapar Sumenep Menyerah, Dua Kali Ajukan Anggaran ke Kemenpora Diabaikan

Pemerintahan15 views

KABAR MADURA | Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumenep melalui Dinas Kebudayaan Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disbudporapar) Sumenep akui mulai lelah untuk memperjuangkan rencana pembangunan sport center di Desa Gunggung, Kecamatan Batuan, Sumenep. Alasannya, hingga saat ini tidak ada kejelasan.

Kepala Disbudporapar Sumenep Mohamad Iksan mengatakan, pada tahun ini pembangunan sport center kembali kandas karena tidak dapat dibangun. Beberapa kali sudah diusulkan ke  kementerian, namun gagal.

Banner Iklan Stop Rokok Ilegal

“Jadi untuk saat ini, tidak bisa dibangun, kami sudah mengusulkan 2 kali, buat apa diperjuangkan lagi karena hasilnya nihil kan,” katanya, Minggu (31/3/2024).

Usulan pertama diajukan dana anggaran ke kementerian  bersama bupati Sumenep, kedua pada anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) provinsi.

Baca Juga:  RSUD MA Sumenep Banyak Dapat Pujian dari Berbagai Kalangan 

“Jadi mending memperjuangkan yang lainnya dulu, wong sudah gagal beberapa kali. Ngapain terus-terusan diperjuangkan,” tambah Iksan.

Awalnya, atau pada 2018 lalu, Pemkab Sumenep memulai proyek dengan menguruk di lahan yang diproyeksikan untuk sport center. Saat itu, sambil lalu menanti asa dapat bantuan dari kementerian. Kenyataannya, bantuan anggaran itu sampai sekarang tidak ada.

“Kalau ada anggaran Rp80 miliar dari APBD seperti pembangunan gedung DPRD Sumenep itu  insya Allah bakal terbangun,” kata Iksan.

Pada 2019 lalu, Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) sempat menjanjikan akan memberikan anggaran Rp20 miliar. Sayangnya, hingga saat ini belum ada memorandum of understanding (MoU) antara  Pemkab Sumenep dan Kemenpora.

Baca Juga:  Anggaran TPP ASN Pamekasan Meningkat Jadi Rp9 Miliar

Sementara itu, anggota Komisi IV Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sumenep Nurus Salam menekankan agar Disbudporapar Sumenep tidak menyerah terlebih dahulu. Dia berharap, pembangunan itu diwujudkan, agar kebutuhan fasilitas olahraga di Sumenep berkemajuan, semua atlet dapat mengembangkan olahraganya di sana.

“Harus terus diperjuangkan, siapa tahu depan dapat anggaran. Ini proyek besar dan manfaatnya juga besar tentunya,” kata pria yang akrab disapa Uyuk itu.

Pewarta: Imam Mahdi

Redaktur: Wawan A. Husna

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *