Pemkab Sumenep Gelar Musrenbang 2025-2045

Pemerintahan10 views

KABAR MADURA | Guna untuk efektivitas merealisasikan visi misi, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumenep menggelar Musrenbang 2025-2045. Kegiatan tersebut berlangsung di ruang rapat Graha Aria Wiraraja Lantai II kantor Sekretariat Kabupaten Sumenep.

Wakil Bupati Sumenep Nyai Hj Dewi Khalifah dalam sambutannya menyampaikan, dengan digelarnya kegiatan tersebut dapat merumuskan kebijakan melalui rencana pembangunan jangka panjang daerah (RPJPD) tahun 2025-2045 dan rencana kerja pemerintah daerah tahun 2025.

Banner Iklan Stop Rokok Ilegal

“Kami ucapkan terima kasih banyak dan mengapresiasi kepada semua pihak yang terlibat dalam kegiatan ini,” kata Nyai Eva, panggilan akrab Nyai Hj Dewi Khalifah.

Dengan kegiatan tersebut, pihaknya telah menyusun rancangan visi untuk 20 tahun ke depan, yaitu Sumenep bermartabat, maju dan berkelanjutan, yang didukung dengan beberapa agenda pembangunan, di antaranya mewujudkan kualitas sumber daya manusia (SDM) yang berdaya saing global dan sejahtera.

Baca Juga:  Gagal Jadi Calon Pj Bupati Pamekasan, Ini Tanggapan Rektor IAIN Madura

Selain itu, juga meningkatkan daya saing ekonomi sektor unggulan berbasis inovasi, riset dan teknologi, mewujudkan tata kelola pemerintahan yang efektif dan adaptif, dan mewujudkan stabilitas ketentraman dan ketertiban umum dan fiskal daerah.

Kemudian untuk mewujudkan ketahanan sosial budaya dan ekologi, mewujudkan pembangunan kewilayahan yang merata dan berkualitas, pemenuhan infrastruktur yang berkualitas dan mempertimbangkan lingkungan dan mewujudkan pembangunan yang berkelanjutan.

“Penyusunan rencana kerja pembangunan daerah (RKPD) tahun 2025 ini diharapkan memperhatikan penyusunan RPJPD 2025-2045,” imbuhnya.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Sumenep Arif Firmanto menjelaskan maksud dan tujuan kegiatan tersebut dilaksanakan di antaranya untuk menyelaraskan visi misi dan arah kebijakan pembangunan daerah dengan RPJPD Kabupaten Sumenep.

“Juga untuk mempertajam sasaran, prioritas, dan program pembangunan daerah dan menyepakati rancangan RPJPD Sumenep 2025-2045,” ungkapnya.

Baca Juga:  MCP Sumenep Luar Biasa; Terbaik di Madura, Rangking 7 se-Jatim

Materi Musrenbang RPJPD berupa visi misi, dan arah kebijakan pembangunan daerah, serta analisis SWOT dan isu-isu strategis daerah. Kemudian sasaran, prioritas, dan program pembangunan daerah, serta kerangka pendanaan pembangunan daerah.

“Termasuk pembahasan dokumen perencanaan pembangunan daerah untuk satu tahun anggaran 2025, yang bertujuan untuk menjabarkan RPJPD dan RPJM Kabupaten Sumenep ke dalam program dan kegiatan tahunan,” paparnya.

Sekadar diketahui, Musrenbang 2025-2045 yang dilakukan pada Kamis (28/3/2024) dihadiri oleh kepala Bakorwil Madura, anggota Forkopimda Sumenep, kepala Bappeda Jawa Timur, sekretaris Daerah Kabupaten Sumenep beserta para asisten sekda, pimpinan organisasi perangkat daerah (OPD), kepala bagian, camat di lingkungan Pemkab Sumenep, pimpinan instansi vertikal, direktur BUMD, pimpinan perguruan tinggi dan organisasi kemasyarakatan.

Pewarta: Moh. Razin

Redaktur: Wawan A. Husna

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *