Disperta KP Sampang Serahkan Bantuan 64 Unit Alsintan

News118 views

KABARMDURA.ID | SAMPANG -Dinas Pertanian  dan Ketahanan Pangan (Disperta KP) Sampang menyerahkan bantuan unit alat dan mesin pertanian (alsintan) kepada sejumlah kelompok tani (poktan), Senin (19/6/2023).

Penyerahan alsintan itu diberikan secara simbolis oleh Kepala Dispertan KP Sampang Suyono di halaman Kantor Dispertan KP Sampang. Bantuan itu bersumber dari dana bagi hasil cukai hasil tembakau (DBHCHT) tahun anggaran 2023. Total ada 64 unit alsintan yang diberikan, terdiri dari 43 hand traktor, 8 culvator, dan 13 pompa air.

Kepala Disperta KP Sampang Suyono, melalui Kabid Tanaman Pangan dan Hortikultura Nuruddin mengatakan, tujuan dari pemberian bantuan ini sebagai bentuk upaya mendorong modernisasi untuk meningkatkan hasil produksi pertanian. 

Baca Juga:  Dugaan Penyelundupan Pupuk Subsidi, Disperta KP Sampang: Itu dari Luar Daerah dan Barang Lama

“Kami harapkan para petani lebih giat dan bersemangat dalam bertani, baik itu tanaman pangan maupun hortikultura,” tutur Nuruddin.

Kepada poktan penerima, Nuruddin meminta agar alat yang diberikan dirawat dengan baik, sehingga tidak cepat rusak dan dapat dimanfaatkan dalam waktu yang lama.

“Dengan adanya alsintan ini manfaatnya sangat besar, proses pertanian akan lebih cepat dan efisien,” tambahnya.

Sementara itu, salah satu poktan penerima bantuan alsintan asal asal Kecamatan Robatal, Hanafi, berterima kasih kepada pemerintah kabupaten (pemkab) yang telah memberikan perhatian kepada petani. Pihaknya berkomitmen akan merawat dan mengoptimalkan bantuan tersebut untuk meningkatkan hasil produksi pertanian.

Baca Juga:  Target PIN Polio 95 Persen di Sumenep Berhasil Dipenuhi 80 Persen

“Kami bersyukur dan merasa diperhatikan. Alsintan ini  akan kami manfaatkan secara optimal untuk meningkatkan hasil pertanian baik itu tanaman pangan maupun hortikultura,” tegasnya.

Pewarta: Subhan

Redaktur: Sule Sulaiman

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *