KPU Pamekasan Optimis Target 80 Persen Partisipasi Masyarakat Tercapai

News, Pemilu, Politik38 views

KABAR MADURA | Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pamekasan, optimis target minimal partisipasi masyarakat sebesar 80 persen pada Pemilihan Umum (Pemilu) 2024, bisa dicapai.

Divisi Perencanaan, Data dan Informasi, KPU Pamekasan, Ibnun Hasan Mahfud mengatakan, ada ratusan ribu pemilih yang sudah terdaftar di KPU selain Daftar Pemilih Khusus (DPK) yang diperuntukkan untuk pemilih yang tidak terdaftar di Daftar Pemilih Tambahan (DPTb) dan Daftar Pemilih Tetap (DPT) yang ikut serta pada pemilu kali ini.

Banner Iklan Stop Rokok Ilegal

Dari tiga kategori itu, pihaknya belum dapat memastikan jumlah pasti partisipasi masyarakat yang ikut andil di pemilu tahun ini. Hal itu dikarenakan belum terlaksananya kegiatan rekapitulasi dari petugas KPU seperti laporan dari Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) ke KPU Pamekasan.

Baca Juga:  KPU Pamekasan Siapkan 2.448 Alat Bantu untuk 1.484 Pemilih Disabilitas

“Untuk mengetahui jumlah tersebut kami masih menunggu hasil rekapan dari petugas KPU seperti laporan dari PPK ke KPU Pamekasan,” ungkapnya, Senin (19/02/2024)

Meskipun demikian, Ibnun Hasan Mahfud yakin 90 persen target 80 persen tersebut akan dicapai sesuai dengan kesepakatan target yang telah ditetapkan oleh KPU. Sebab pada dasarnya saat ini antusias masyarakat dalam melakukan proses pemilihan terutama Presiden dan Calon Legislatif Kabupaten atau kota sangat tinggi.

Dia berharap, semoga semua warga yang sudah mempunyai hak pilih juga ikut serta pada pemilihan yang dilaksanakan pada tanggal 14 Februari 2024 kemarin. Sebab suara masyarakat menentukan pemimpin yang akan memimpin lima tahun kedepannya.

“Kami yakin 90 persen target tersebut akan dicapai, kita lihat hasilnya nanti setelah selesai dilakukan perekapan,” ungkapnya

Baca Juga:  KPU Pamekasan Masih Sepi Pendaftar Bacaleg

Senada dengan hal itu, Ketua KPU Pamekasan Mohammad Halili menambahkan untuk proses perekapan ada aturannya baik dari Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) maupun dari PPK yang selanjutnya akan dilaporkan ke KPU Pamekasan.

Setelah laporan itu diterima, KPU Pamekasan akan segera melakukan perekapan yang diperkirakan akan dilakukan selambat-lambatnya hari kamis 22 Februari hingga bulan Maret 2024 mendatang. Pihaknya berharap agar proses ini bisa berjalan dengan baik tanpa adanya hambatan apapun.

“Paling tidak kami akan lakukan proses rekapitulasi hari Kamis ini dan semoga proses ini berjalan lancar,” ungkapnya.

Pewarta: Moh. Farid

Redaktur: Miftahul Arifin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *