Madura Culture Festival 2023, Bupati Sumenep Bikin Bahagia Pelaku UMKM 

News92 views

KABARMADURA.ID | SUMENEP-Sebanyak 170 tenda usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) turut serta memeriahkan Madura Culture Festival 2023. Kegiatan yang digagas Bupati Sumenep Achmad Fauzi Wongsojudo itu berlangsung sejak 28 Agustus hingga 2 September 2023. 

Ratusan pelaku UMKM menyajikan berbagai kuliner makanan dan minuman khas hasil karyanya yang mengedepankan khas lokal kabupaten paling timur Pulau Madura ini. 

Respon masyarakat sangat tinggi. Para pengunjung menyerbu makanan khas Sumenep yang merupakan suatu makanan yang menyajikan olahan alami dan mempunyai keistimewaan rasa tersendiri. 

Salah seorang pelaku UMKM, Masrifah, mengatakan bahwa kegiatan ini sangat menarik, ada perpaduan pasar malam dan pelaku UMKM. Bahkan dirinya mengaku sangat mengapresiasi kegiatan yang bertajuk Madura Culture Festival ini. 

Baca Juga:  Festival Paralayang Sumenep 2023, Bupati Fauzi: Bisa Jadi Pilihan Menikmati Libur Panjang

“Ini merupakan hiburan sekaligus sebagai ajang meningkatkan penghasilan bagi kami,” tutur perempuan yang berdomisili di Kecamatan Kota Sumenep itu. 

Rangkaian kegiatan ini dinilai dapat membangkitkan perekonomian para pelaku UMKM. Sebab masyarakat sangat ramai di setiap malamnya. 

“Jualan kami pun sangat laku, kami sangat senang, setiap malam sekitar Rp5 juta pendapatan kami, kalau selain acara ini, untuk sampai Rp500 ribu aja sulit,” imbuhnya. 

Sementara itu, Bupati Sumenep Achmad Fauzi Wongsojudo mengatakan, pihaknya sengaja melibatkan UMKM dalam acara Madura Culture Festival 2023 guna menggerakkan ekonomi rakyat. 

Baca Juga:  Bupati Sumenep Ulas Jihad Insan Pers

“Kita dongkrak ekonomi rakyat melalui sektor  UMKM, di samping itu juga gencar mempromosikan wisata,” kata Cak Fauzi, pria yang digadang-gadang maju di Pilkada Jawa Timur (Jatim) pada pemilu mendatang itu. 

Cak Fauzi berharap agar para pelaku UMKM benar-benar konsisten dalam menjaga mutu dan kualitas produknya. Sehingga mampu berdaya saing dengan produk luar. 

Dengan banyaknya pelaku UMKM yang membuka stand membuktikan bahwa masyarakat Kabupaten Sumenep memiliki jiwa kreativitas yang cukup tinggi. 

“Kami doakan, semoga melalui event Madura Culture Festival 2023 mampu memberikan pencerahan peningkatan ekonomi masyarakat,” pungkas Suami Nia Kurnia Fauzi itu. 

Pewarta: Moh.Razin

Redaktur: Wawan A. Husna

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *