Mengenal Yeni Apriliyanti, Duta GenRe Pamekasan 2023, Merangkum Mimpi dalam Coretan Kertas di Dinding

News, Headline181 views

…saya tulis di selembar kertas yang saya tempel di dinding kamar…

KABARMADURA.ID | Pintar, memiliki wawasan yang luas serta berpenampilan menarik merupakan beberapa syarat jika ingin mengikuti pageant. Tentu, kriteria tersebut mencerminkan Yeni Apriliyanti. Dara kelahiran 2003 ini merupakan mahasiswa Prodi Pendidikan Matematika di Universitas Madura (UNIRA) Pamekasan ini berhasil menyandang status sebagai Duta Generasi Berencana (GenRe) Pamekasan 2023.

SAFIRA NUR LAILY, PAMEKASAN 

Yeni, begitu ia disapa. Sejak kelas XII SMA tepatnya pada tahun 2021 dirinya sudah memiliki keinginan untuk menjadi Duta GenRe Pamekasan. Namun, dia baru meraihnya pada tahun ini, yakni saat ia menyandang status sebagai mahasiswa. Bagi Yeni, menjadi insan GenRe merupakan suatu yang menyenangkan. Sebab ia bisa menjadi konselor bagi remaja sebaya lainnya. 

Penobatannya sebagai Duta GenRe, tidak membuat Yeni jumawa. Justru, ia jadikan sebagai motivasi untuk menjadikan kota kelahirannya tersebut menjadi lebih maju, utamanya dalam penurunan angka stunting. Maka, dibutuhkan sosialisasi terhadap perencanaan berkeluarga bagi remaja, mewujudkan remaja yang tegar fisik dan mental, serta sosialisasi lainnya. Itulah yang menjadi kewajibannya sebagai Duta GenRe. 

“Kegiatan terdekat ini ada sosialisasi terkait hari keluarga nasional. Kegiatannya bermacam-macam, ada penyuluhan, bagi-bagi brosur, dan kegiatan lainnya. Senangnya disitu, karena bisa menjadi konselor bagi teman-teman sebaya saya. Mereka bisa curhat terkait perencanaan karir atau apapun itu,” terangnya kepada Kabar Madura. 

Di balik kemenangannya sebagai Duta GenRe Pamekasan 2023 ini, Yeni harus bersaing dengan dengan 71 peserta talenta lainnya. Di situ lah, mental mahasiswa jurusan matematika itu diuji. Psalanya, rata-rata peserta yang ikut tes seleksi masih berstatus siswa. 

Dalam benaknya, ia harus mampu memaksimalkan kemampuan dan berhasil mengalahkan puluhan kompetitornya. Sebab, kata Yeni, menjadi Duta GenRe merupakan serangkaian impian yang telah dia rangkum dalam coretan kertas di dinding kamarnya.

“Ya begitulah kalau ingin sesuatu, ditulis. Ditargetkan. Apapun itu. Termasuk impian untuk menjadi Duta GenRe Pamekasan ini, saya tulis di selembar kertas yang saya tempel di dinding kamar. Jika saya down, melihat daftar impian itu saya jadi semangat lagi,” terangnya.

Baca Juga:  BPBD Sumenep Janji Update Kajian Risiko

Yeni menceritakan sekilas mengenai proses seleksi Duta GenRe yang dia jalani. Ia mengatakan, setelah dilakukan tes tulis, akhirnya ia berhasil masuk pada tahap berikutnya. Hingga masuk pada grand final. Beruntungnya, kurang lebih 3 minggu ikut audisi, kegiatan akademik di kampusnya tidak terganggu. Sebab penyeleksian dilakukan pada akhir pekan. 

Perempuan yang juga menjadi duta mahasiswa berprestasi (Mawapres) di kampusnya itu mengaku, selalu memiliki target pencapaian setiap tahun, baik capaian akademik ataupun non-akademik. Target itulah yang menjadi motivasinya untuk terus berkembang dari segala sisi.

Overthinking pasti ada. Tapi kita tidak bisa stagnan di satu pencapaian saja. Setiap tahun, saya memiliki target. Entah itu IPK yang harus terus naik, ataupun harus memenangkan lomba. Bagi saya, saya harus menjadi pemenang atas rasa malas dan menjadi pemimpin untuk saya sendiri” ucap kader HMI Pamekasan itu.

Melalui prestasinya itu, Yeni ingin membuktikan bahwa mahasiswa dengan jurusan matematika tidak selamanya menjadi orang yang pendiam dan tidak bisa memiliki kemampuan public speaking yang baik. 

Yeni ingin merubah stigma tersebut dengan beberapa prestasi yang sudah diraih. Diantaranya, juara 1 lomba public speaking nasional kategori news presenter oleh Universitas Mpu Tantular Jakarta 2022, juara 3 lomba speech contest yang diselenggarakan oleh komunitas public speaking UTM tahun 2023, dan beberapa penghargaan lainnya. 

“Anak matematika tidak selama introvert, berkutat dengan angka dan tugas-tugas. Kita juga bisa public speaking. Teman-teman heran juga, kok bisa anak matematika bisa ikut ajang duta-duta,” terang perempuan yang memiliki motto hidup be a winner and be a leader tersebut. 

PENGALAMAN ORGANISASI

Anggota Himpunan Mahasiswa Pendidikan Matematika (HIMATIKA) Universitas Madura 2021-2023

Pengurus Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) Universitas Madura 2022-2023

Baca Juga:  Revitalisasi Kereta Api Madura, Faridi Ulas 3 Kesadaran!

Volunteer KIP-Kuliah tahun 2022

Anggota Islamic Association of University Student 2022

Aktivis Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Pamekasan Komisariat FKIP UNIRA

PRESTASI

Juara 2 Nasional Jurnalism Festival kategori news presenter BEMFA Universitas Negeri Malang tahun 2021

Juara 1 lomba proposal PKM terbaik oleh Himpunan Mahasiswa Teknik Informatika Universitas Madura 2021

Juara 2 INNEC (Inovasi National Essay Competition) oleh UKM Inovasi Fakultas Teknik Universitas Trunojoyo Madura 2021

Juara 1 event nasional OCEANIC X SHIP WELDING Competition 2021 kategori esai mahasiswa oleh Himpunan Mahasiswa Jurusan Teknik Bangunan Kapal Politeknik Negeri Madura 2021.

 Apresiasi karya terbaik Event Literasi Fest IDN Creation tahun 2021

Juara 1 English Reading Text se-Nusantara tema “Hari Ibu” oleh CCEO event 2021

Peserta terbaik Diklat Jurnalistik Tingkat Dasar Lembaga Pers Mahasiswa Universitas Madura 2021.

Apresiasi Mahasiswa berprestasi akademik oleh BEM FKIP Unira 2021.

Juara 1 lomba Public Speaking Nasional kategori news presenter oleh Universitas Mpu Tantular Jakarta 2022. 

Juara 2 lomba Public Speaking Nasional kategori speech contest oleh Prodi Manajemen Universitas Internasional Semen Indonesia 2022.

Juara 2 lomba debat KDMI Universitas Madura 2022.

Juara 2 lomba news anchor online oleh Kakdevy Private 2022.

Juara 2 lomba Public Speaking Nasional di Universitas Sultan Ageng Triasa (UNTIRTA) 2022.

Juara 1 Lomba Baca Berita Ajang Dinamika Award oleh Institut Ilmu Keislaman Annuqayah Tahun 2023 

Juara Harapan 3 lomba publik speaking nasional tema “Intteligent generation” oleh Indonesia Talented Leadership 2022. 

Juara best team lomba orasi se-Madura yang diselenggarakan KEMENPORA Pamekasan Tahun 2022

Juara 1 Lomba Baca Berita Ajang Dinamika Award oleh Institut Ilmu Keislaman Annuqayah Tahun 2023

Juara 1 Lomba News Presenter yang DIselenggarakan oleh Komunitas Public Speaking Universitas Trunojoyo Madura Tahun 2023

Juara 3 Lomba Speech Contest yang DIselenggarakan oleh Komunitas Public Speaking Universitas Trunojoyo Madura Tahun 2023

Duta Mahasiswa Berprestasi (MAWAPRES) Universitas Madura 2022

Duta GenRe Pamekasan 2023

Redaktur: Moh. Hasanuddin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *