Pendatang Baru Unggul, Dapil Sumenep II Diprediksi Kandaskan Politisi Senior

Pemilu, Politik152 views

KABAR MADURA | Persaingan di daerah pemilihan Sumenep II cukup sengit. Bahkan,  petahana dan politisi senior periode 2019-2024 yang mencalonkan lagi dimungkinkan kandas ke parlemen untuk periode 2024/2029.

Dapil Sumenep II meliputi Kecamatan Lenteng, Bluto, Saronggi dan Giligenting. Terdapat 7 kursi DPRD Sumenep yang diperebutkan di dapil tersebut. Sejauh ini, peraih suara terbanyak, baik pendatang baru dan lama, masih seimbang.

Banner Iklan Stop Rokok Ilegal

Berdasarkan data real count dari laman resmi KPU, https://pemilu2024.kpu.go.id, hingga Senin (27/2/2024) pukul 17.30 WIB, suara tertinggi diraih caleg PDI Perjuangan, Eka Bhagas Nur Ardiansyah, dengan perolehan suara 6.745, Divo Kurniawan 1.361 suara, dan Sulahuddin 1.296. Di dapil itu, PDI Perjuangan memungkinkan mendapat dua kursi.

Perolehan suara caleg tinggi juga didapat caleg PKB. Akhmadi Yasid di nomor urut 1 dengan memperoleh 1.743 suara dan Fadli Oktaviari di nomor urut 2 dengan perolehan 1.486 suara.

Selanjutnya, ada nama mantan kepala Desa Karangcempaka, Kecamatan Bluto, Samsiyadi, berhasil memperoleh 1.930 suara, disusul  dan Soffan Azizurrahman 1.195 suara. Keduanya pendatang baru di persaingan menuju parlemen dan berangkat dari Partai NasDem.

Baca Juga:  KPU Sumenep Pastikan Pendistribusian Logistik Pemilu ke Kepulauan Awal Februari

Sementara para petahana yang juga kemungkinan lolos ada dari Partai Gerindra, Holik, dengan perolehan suara 774, Faisal Mukhlis dari PAN dengan 1.173 suara, dan juga ada Afrian Mukhlas dengan 1.154 suara dari Partai Demokrat.

Sementara yang kemungkinan gugur berdasarkan data tersebut adalah politisi senior Partai Persatuan Pembangunan (PPP), H. Subaidi. Sejauh ini hanya berhasil mengumpulkan 733 suara.

Afifurrahman, salah satu PPK Kecamatan Lenteng menyampaikan bahwa rekapitulasi tingkat kecamatan sudah hampir di angka 100 persen, akan tetapi belum diketahui peraih suara terbanyak di kecamatan tersebut.

“Per hari ini sudah mencapai 90 persen,” ujarnya.

Sedangkan Sekretaris DPC PDI Perjuangan Sumenep Abrari memprediksi di dapil Sumenep 1 dan 2, masing-masing bakal mendapat 2 kursi.

“Target 13 sementara yang masih aman di angka 11 kursi,” paparnya.

Baca Juga:  DPT Berkurang, KPU Pamekasan Putuskan Kurangi 703 TPS

Sedangkan di dapil Sumenep I, suara caleg tertinggi didapat Nia Kurnia  dari PDI Perjuangan dengan 2.973 suara, disusul Sutan Hady Tjahyadi dengan 703 suara. Kemudian Herman Dali Kusuma dari  PKB dengan 595 suara, selisih tipis di bawah Rasidi, pendatang baru  yang mendapat 594 suara.

Selanjutnya ada Akis Jasuli dari Partai Nasdem. Petahana ini masih mendapatkan 472 suara, disusul Wiwid Harjo Yudanto dari PKS  dengan perolehan 330 suara, Musahwi dari  PAN dengan 1.213 suara, dan Moh Yusuf dengan 1.058 suara.

Sedangkan caleg Partai Demokrat yang memperoleh suara tertinggi adalah Suhartono dengan 411 suara, Bambang Eko Iswanto dari Partai Persatuan Pembangunan (PPP) dengan 1.536 suara, dan Syaiful Rachman Fauzie dari Partai Gerindra dengan 259 suara, dan Nurussalam, yang juga petahana dari Partai Gerindra, dengan 32 suara.

Pewarta: Moh. Razin

Redaktur: Wawan A. Husna

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *