Realisasi Pelatihan WUB Tahap Ketiga Menunggu Kepastian Ketersediaan Anggaran

News28 views

KABARMADURA.ID | PAMEKASAN-Pelaksanaan pelatihan wirausaha baru (WUB) tahap ketiga masih belum terealisasi. Bahkan, pelatihan tahap terakhir WUB ini sempat diputuskan tidak bisa terlaksana lantaran tidak ada anggaran. Padahal, jika mengacu pada rencana awal, pelatihan ini semestinya sudah terlaksana pada Juli lalu. 

Kepala Bidang (Kabid) Pelatihan dan Produktivitas Kerja Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah dan Ketenagakerjaan (Diskop UKM dan Naker) Pamekasan Ika Yulia Rakhmawati mengatakan, realisasi WUB tahap tiga ini masih menyesuaikan ketersediaan anggaran selanjutnya. Dimungkinkan akan terealisasi pada akhir bulan ini. Namun bisa saja, pelatihan tersebut diundur kembali hingga anggaran yang dibutuhkan tersedia. 

“September kemarin memang sudah diputus dengan dewan kalau tahap ketiga ini sementara ditangguhkan atau ditiadakan. Bisa saja akan dilaksanakan tahun depan. Intinya kami sesuaikan dengan anggaran, baik dari porsi pelatihan ataupun jumlah peserta,” jelasnya kepada Kabar Madura, Kamis (5/10/2023). 

Baca Juga:  Target Pembangunan Wamira Mart di Pamekasan Menyusut Dibandingkan Tahun 2022

Ika menjelaskan, peserta pelatihan tahap ketiga ini telah terdaftar sebanyak 140 orang dari tujuh kecamatan. Yakni Tlanakan, Pademawu, Pamekasan, Proppo, Palengaan, Larangan, dan Batumarmar. Masing-masing kecamatan terdiri dari 20 peserta. Sementara untuk jenis pelatihannya adalah tata boga, pembuatan odeng, pembuatan tahu tempe, dan pembuatan tas. 

“Total anggaran tahap ketiga sekitar Rp350 juta. Harusnya sekitar Rp400 juta. Anggaran transportasi yang tahap kedua saja belum cair. Tapi update dari keuangan akan segera cair,” tegasnya.

Pewarta: Safira Nur Laily

Redaktur: Sule Sulaiman

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *