Sempat Lama Ngendap, Dana Pilkada Sumenep Mulai Bisa Dicairkan

Politik60 views

KABAR MADURA | Sebanyak 40 persen Anggaran Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Sumenep 2024 untuk Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Sumenep sudah dapat dicairkan dan dapat digunakan sesuai tahapan pilkada.

“Yang dapat dicairkan dan dapat digunakan adalah 40 persen, untuk 60 persennya masih belum,” kata Kepala Bidang (Kabid) Politik dan Ormas Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Sumenep Muh. Bahauddin, Selasa (11/6/2024).

Dari anggaran Rp94 miliar untuk Pilkada Sumenep, Rp70 miliar untuk KPU dan Rp24 miliar untuk Bawaslu Sumenep. Dana tersebut bersumber dari cadangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Sumenep dalam lima tahun terakhir.

Baca Juga:  Kasus Kades Aeng Panas Jatuh SP3, Bawaslu-Polres Saling Pingpong

Sedangkan yang sudah dicairkan dari kas daerah senilai Rp37,6 miliar. Dari nominal itu, Rp28 miliar dicairkan untuk KPU Sumenep dan Rp9,6 miliar untuk Bawaslu Sumenep. Bukan hanya dapat dicairkan, tetapi sudah dapat dipergunakan.

Secara keseluruhan, dana pilkada senilai Rp104 miliar itu sudah terhitung dengan dana pengamanan untuk kepolisian, yaitu sebesar Rp 8 miliar. Sedangkan, dana hibah pengamanan untuk TNI,i sebesar Rp 2 miliar.

“Khusus dana pengamanan hanya kodim yang dapat dicairkan, sementara untuk polres masih belum,” kata dia.

Sekretaris KPU Sumenep Dewiyani mengatakan, dana 40 persen dana pilkada saat ini sudah dapat digunakan. Sehingga dana yang semula tersimpan di Kantor Cabang Bank Tabungan Negara (BTN) Sumenep sudah dapat digunakan untuk kebutuhan setiap tahapan pilkada.

Baca Juga:  Tiga Figur Mundur dari Bursa Penjaringan PBB Pamekasan

“Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) tentang tahapan pilkada sudah ada dan ada petunjuk dipergunakan,” paparnya.

Hal senada disampaikan Ketua Bawaslu Sumenep Ahmad Zubaidi, dana yang 40 persen yang sudah dicairkan tentu sudah dapat digunakan.

“Saat sudah dapat diambil dari rekening Bawaslu Sumenep,” singkatnya.

Pewarta: Imam Mahdi

Redaktur: Wawan A. Husna

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *