Tahun Ini, Baru 1.200 Produk UMKM di Sumenep Bersertifikat Halal

News54 views

KABARMADURA.ID | SUMENEP-Tahun ini, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumenep menargetkan ada 2.000 produk usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) yang bersertifikat halal. Namun, hingga menjelang tutup tahun, baru 1.200 produk UMKM yang sudah berlabel halal. 

Menurut Kasubag Tata Usaha Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Sumenep Muh Rifa’i Hasyim, target tersebut belum tercapai lantaran masih ada sejumlah produk yang sudah mengajukan sertifikat halal namun belum terbit. 

“Hingga saat ini yang terbit hanya 1.200 sertifikat,” katanya, Senin (4/12/2023).

Dia berharap, target yang sudah ditentukan itu bisa terpenuhi. Sebab, kata Rifa’i, sertifikat halal ini bisa berdampak pada tingkat penjualan produk. Jika sudah berlabel halal, maka konsumen sudah tidak ragu lagi untuk membelinya.

Baca Juga:  Penyesuaian dengan PMK Rampung, DAU APBD Sumenep Tambah Rp37 M

“Karena produk itu telah dinyatakan halal sesuai dengan syariat Islam,” tambahnya. 

Kemudian, dia menekankan agar pendamping proses produk halal (PPH) bisa membantu mempercepat proses penerbitan sertifikat halal. Rifa’i mengungkapkan, pihaknya sebenarnya tidak hanya menargetkan 2.000 produk untuk tahun ini, melainkan semua produk UMKM sudah bisa berlabel halal. 

“Kalau harapan kami semua produk, sehingga penjualannya akan lebih mudah,” tegasnya.

Sekadar diketahui, pada tahun ini pemerintah pusat menargetkan ada 10 juta produk UMKM sudah bersertifikat halal. 

“Sebenarnya kami hanya sebagai fasilitator, sedangkan yang menyelenggarakan adalah Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) mengenai sertifikat produk halal itu,” kata Hasyim itu. 

Baca Juga:  Diskan Sumenep Tiadakan Bantuan Cool Box Berdalaih Nihil Anggaran

Sementara itu, salah satu pendamping PPH Sumenep, Miftahul Arifin, berjanji akan terus mengupayakan untuk memperbanyak sertifikasi produk halal. Dia mengaku, pihaknya telah berusaha keras agar semua produk UMKM di Sumenep mendapatkan sertifikat halal. 

“Ini kami sudah lakukan, bahkan kami turun gunung menghubungi pelaku UMKM langsung untuk membuat sertifikat produk halal,” ungkapnya, Senin (4/12/2023).. 

Pewarta: Imam Mahdi

Redaktur: Sule Sulaiman

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *