Tes Wawancara Calon PPK Masuk Babak Akhir, 372 Peserta Akan Diperas Jadi 135 Orang

Pemilu, Politik58 views

KABAR MADURA | Rekrutmen tenaga ad hoc untuk panitia pemilihan kecamatan (PPK) sudah memasuki babak akhir. Saat ini mulai dilaksanakan tes wawancara dan berakhir pada Senin 13 Mei 2024.

Peserta yang berhak mengikuti sebanyak 372 orang, angka itu dari hasil seleksi pelaksanaan tes CAT itu pada Senin 6 Mei 2024 hingga Selasa 7 Mei 2024 di ruang laboratorium Universitas Wiraraja Sumenep.

“Saat ini sudah memasuki tes wawancara yang berlangsung di Hotel Musdalifah di Desa Gedungan Kecamatan Batuan,” kata Komisioner KPU Sumenep Rafiqi, Minggu (12/5/2024).

Pelaksanaan tes wawancara dilaksanakan sejak 11 hingga 13 Mei 2024, sehingga tahapan rekrutmen PPK sudah hampir final. Materi tes wawancara yakni tes motivasi, visi dan misi, pengetahuan kepemiluan, kewialyahaan, serta kemampuan, minat dan bakat para peserta tes.

Pria yang akrab disapa Tanzil ini mengutarakan, dari 27 kecamatan di Sumenep, sebagian besar sudah menyelesaikan tes wawancara. Sedangkan yang akan berlangsung di hari terakhir, 13 Mei 2024, adalah peserta dari Kecamatan Rubaru, Ganding, Kangayan, Dungkek, Masalembu, Gayam, dan Kecamatan Ra’as.

Baca Juga:  Malang Melintang di Dunia Kepemiluan, Rahbini Masih Simpan Cita-Cita Jadi Profesor

Selanjutnya, hasil tes wawancara akan dilakukan penilaian, sehingga pada 15 Mei 2024 akan ditetapkan calon anggota PPK

“Dari 372 ini nantinya akan diseleksi menjadi 135 orang, dari 27 kecamatan di Sumenep masing-masing kecamatan akan diambil 5 orang,” ujarnya.

Da berpesan, yang terpilih menjadi anggota PPK maka wajib melaksanakan tugas sesuai tupoksi. Karena tugas dan tanggung jawab yang diemban tidaklah ringan. Sebagai anggota PPK mempunyai tugas dan wewenang antara lain membantu KPU kabupaten dalam menyelenggarakan pilkada.

“Melaksanakan semua tahapan pemilu di tingkat kecamatan serta melaksanakan tugas dan kewajiban lain sesuai peraturan-undangan,” kata komisioner KPU Sumenep yang hampir purna dari masa jabatannya ini.

Baca Juga:  Rekrutmen PTPS di Pamekasan, Bawaslu Temukan Pendaftar dari Luar Daerah

Pewarta: Imam Mahdi

Redaktur: Wawan A. Husna

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *