Apel Siaga Pengawasan Pemilu 2024, Ketua Bawaslu Pamekasan: Masa Tenang, Masa Kritis!

Politik, Headline90 views

KABAR MADURA | “Apakah Anda siap menegakkan keadilan di Kabupaten Pamekasan?” tanya Ketua Bawaslu Pamekasan Sukma Umbara Tirta Firdaus, Sabtu (10/2/2024).

“Siap!” jawab seluruh pengawas Pemilu se-Kabupaten Pamekasan di Lapangan Negara Bakti Pendopo Ronggosukowati Pamekasan.

Ya, pertanyaan pria yang akrab disapa Sukma tersebut diketengahkan dalam Apel Siaga Pengawasan Pemilu 2024.

“Anda semua tetap bisa berdiri tegak pagi ini sebagai bentuk pertanggungjawaban terhadap masyarakat dan negara. Ini menandakan bahwa Anda selalu siap menegakkan keadilan Pemilu di Kabupaten Pamekasan,” tegas Sukma.

Mantan Dosen IAIN Madura itu mengajak para pengawas Pemilu agar melibatkan masyarakat untuk membantu tugas-tugas dalam melakukan pengawasan Pemilu 2024; bersama rakyat awasi Pemilu, bersama Bawaslu tegakkan keadilan Pemilu.

“Besok sudah memasuki masa tenang. Masa tenang biasanya digunakan oleh pemilih untuk menentukan pilihannya, setelah seluruh peserta Pemilu menyampaikan visi dan misinya di masa kampanye, yang berakhir pada Sabtu (10/2/2024).

Bagi pengawas Pemilu, kata Sukma, itu merupakan titik kritis. Sebab, mulai 11 Februari sampai 13 Februari, pengawas Pemilu mesti memastikan tidak ada kampanye.

Baca Juga:  Atlet Panjat Tebing Dituntut Iuran Sendiri untuk Ikut Kejurprov

“Dan yang terpenting ialah distribusi logistik Pemilu tepat waktu, tepat sasaran, dan tepat jumlah,” kata Sukma.

Pengiriman logistik Pemilu dimulai Ahad (11/2/2024). Diharapkan seluruh pengawas Pemilu bisa mengawasi proses distribusi tersebut dengan sebaik-baiknya.

Pasca tahapan masa tenang merupakan titik akhir tahapan krusial Pemilu, yaitu tahapan pemungutan, penghitungan suara dan rekapitulasi hasil penghitungan suara.

Karena itu, tambah Sukma, dibutuhkan ketelitian, kesabaran, dan pengetahuan regulasi yang komprehensif guna memastikan tahapan berjalan dengan baik dan demokratis.

“Pada detik ini, kami tegaskan kembali komitmen untuk melakukan pengawasan pelaksanaan Pemilu 2024, dengan penuh kedisiplinan dan tanggung jawab yang tinggi,” papar Sukma.

Menurutnya, itu demi berlangsungnya pelaksanaan Pemilu yang adil, demokratis, dan damai di Kabupaten Pamekasan.

Dijelaskan, menjadi pengawas Pemilu harus siap menjadi pengawal demokrasi. Setiap pengawas Pemilu harus memiliki pemahaman yang mendalam tentang regulasi Pemilu 2024.

“Terus tingkatkan koordinasi antarpengawas di semua tingkatan. Itu penting guna memastikan bahwa seluruh informasi dan pengalaman kerja tersampaikan dengan baik dan efesien,” tekan Sukma.

Dalam melakukan kerja-kerja pengawasan, jelasnya, harus selalu mengedepankan tindakan pencegahan. Artinya bahwa agar pelanggaran Pemilu tidak terjadi di Kota Gerbang Salam.

Baca Juga:  Rapatkan Barisan, DPC PDI-P Sumenep Perteguh Kedaulatan Perjuangan

Namun, dalam hal pelanggaran yang telah terjadi, kewenangan pengawas Pemilu dalam melakukan penanganan pelanggaran menjadi satu-satunya cara dalam mengembalikan proses Pemilu. Itu agar sesuai ketentuan yang berlaku.

Dijelaskan, hanya pengawas Pemilu yang berhak menyatakan pelaksanaan Pemilu berjalan dengan baik atau tidak baik, berjalan benar atau tidak benar.

“Karena itu, kerja-kerja yang dilakukan pengawas Pemilu mampu memberikan keadilan bagi masyaraka. Menjaga integritas sebagai pengawqs Pemilu menjadi kunci utamanya,” tukas Sukma.

Untuk diketahui, apel siaga pemilu diikuti oleh pengawas Pemilu di 13 kecamatan, 11 kelurahan, dan 178 desa. Acara tersebut mengundang Ketua PWI Pamekasan Hairul Anam dan Forkopimda Kabupaten Pamekasan.

Pelaksanaan apel dipimpin langsung oleh Sukma. Usai apel, hadirin foto bersama. Setelah itu, Sukma menggunting balon sebagai penegasan masa tenang Pemilu 2024 di Kabupaten Pamekasan penting menjadi atensi bersama.

Undangan dan peserta apel tidak langsung pulang usai apel. Mereka masih menikmati alunan lagu yang dilantunkan Winda KDI di atas panggung.

Pewarta: Moh. Farid

Redaktur: Hairul Anam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *