Biaya Kegiatan KPU Sumenep Pakai Dana Pinjaman

Pemilu, Politik49 views

KABAR MADURA | Meskipun Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumenep telah melaksanakan beberapa tahapan pemilihan kepala daerah (pilkada), namun anggarannya tidak dapat dicairkan oleh Bank Tabungan Negara (BTN). Sedangkan saat ini KPU telah memulai tahapan berupa pembentukan badan ad hoc.

Sekretaris KPU Sumenep Dewiyani mengatakan, lantaran dana tidak dapat dicairkan, setiap kegiatan masih menggunakan dana talangan. Dana itu didapat dari pinjaman.

“Kami masih menunggu cairnya dana itu. Kendalanya, karena dari BTN belum dicairkan,” katanya, Senin (6/5/2024).

Alasan BTN cabang Sumenep tidak mencairkan dana itu karena menunggu cash management system (CMS) dari BTN pusat yang belum selesa.

“Kartu kreditnya belum turun dari kantor BTN pusat, sehingga masih nunggu itu, ini informasi dari BTN cabang Sumenep,” ujarnya.

Baca Juga:  Gerindra Sodorkan Dua Kader untuk Dampingi FJ di Pilkada Pamekasan

Dana talangan itu sudah ada perhitungannya, dari awal pelaksanaan  tahapan pilkada hingga saat ini. Sayangnya Dewiyani enggan menyebut besaran dana yang pinjam untuk kebutuhan tahapan pilkada itu.

“Tentunya akan membayar jika dana pilkada cair dari BPN cabang Sumenep pada KPU Sumenep,” ucap dia.

Jika dicairkan, KPU Sumenep akan mendapatkan dana segar senilai Rp28 miliar. Dana tersebut merupakan 40 persen dari jatah KPU Sumenep dalam menggelar pilkada. Anggaran yang bersumber dari APBD Sumenep itu masih disimpan di BTN.

Tahapan pembentukan badan ad hoc yang dilakukan KPU Sumenep adalah rekrutmen panitia pemilihan kecamatan (PPK). Proses rekrutmen itu saat ini sudah masuk tes tulis. Kegiatan itu dilaksanakan di ruang laboratorium Universitas Wiraraja Sumenep.

Baca Juga:  AHY Masuk Bursa Cawapres Ganjar, PKS Sumenep Optimistis Demokrat Tetap Satu Barisan

Hari pertama dilaksanakan untuk peserta yang berasal dari Kecamatan Pragaan, Talango, Rubaru, Bluto, Dungkek, Kota Sumenep, Saronggi, Kalianget, Nonggunong, Guluk-guluk, Dasuk, Pasongsongan, Ra’as, dan Kecamatan Kangayan.

Untuk hari terakhir, dilanjutkan untuk peserta dari Kecamatan Batuputih, Gapura, Lenteng, Ambunten, Giligenting, Batang-batang, Ganding, Manding, Arjasa, Sapeken, Batuan, Gayam, dan Masalembu.

“Tahapan tes tulis masih berlangsung, semoga tidak ada kendala hingga besok ya,” papar.Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumenep Rafiqi.

Pewarta: Imam Mahdi

Redaktur: Wawan A. Husna

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *