Disdik Sampang Pastikan Pelaksanaan ANBK Berjalan Lancar

Pendidikan16 Dilihat

KABARMADURA.ID | SAMPANGPelaksanaan asesmen nasional berbasis komputer (ANBK)  untuk jenjang sekolah dasar (SD) dimulai sejak 24 –27 Oktober 2022. Sementara dalam pelaksanaannya, Dinas Pendidikan (Disdik) Sampang memastikan berjalan lancar dan sukses.

Kepala Disdik Sampang Edi Subinto melalui Kabid Pembinaan SD Moh. Imran menuturkan, berbagai upaya telah dilaksanakan untuk bisa mensukseskan pelaksanaan ANBK tingkat SD, salah satunya dengan melakukan antisipasi dari awal proses pelaksanaan, seperti persiapan server dan melakukan monitoring. Sehingga pada hari pelaksanaan tidak ada kendala yang berarti.

“Kami sangat mengantisipasi betul dari awal, dan alhamdulillah mulai kemarin hingga sekarang hasil monitoring ke berbagai sekolah, pelaksanaan ANBK jenjang SD ini berjalan lancar,” tutur Imran saat ditemui Kabar Madura di ruang kerjanya, Selasa (25/10/2022).

Imran menguraikan, pada pelaksanaan ANBK terdapat sejumlah sekolah yang melaksanakan secara mandiri dan ada pula yang masih menumpang. Untuk yang status menumpang karena terkendala sarana prasarana,  seperti ketersedian server, dukungan jaringan internet dan lainnya semacamnya.

Baca Juga :  KPS Aktif Kampanyekan Seni Rupa, Pernah Gelar Pameran di Hutan Hingga Jalan Kaki ke Sumenep

Adapun Jumlah lembaga SD di Kabupaten Sampang yang sudah melaksanakan ANBK mandiri sebanyak 229 lokasi. Sementara yang menumpang sekitar 376 sekolah,  untuk sekolah negeri 515 dan 91 untuk sekolah swasta.

“Yang menjadi harapan Kami adalah pelaksanaan ANBK tahun ini sukses, sehingga nantinya rapor pendidikan untuk Kabupaten Sampang pada tahun 2023 dapat meningkat tajam dan bisa tembus 10 besar tingkat Provinsi Jatim,” .

Disinggung soal kendala dalam pelaksanaan ANBK tersebut, Imran menegaskan, tidak ada kendala yang berarti, baik yang mandiri maupun yang menumpang. Hal itu lantaran sudah diantisipasi sejak awal proses pelaksanaan, untuk kemungkinan kendala yang terjadi itu seperti kondisi listrik dan jaringan internet.

“Yang masih dikhawatirkan seperti listrik dan internet yang sewaktu-waktu bisa mengalami gangguan, tapi sampai saat ini pelaksanaan berjalan lancar, semoga terus lancar hingga selesai dan rapor pendidikan Sampang lebih baik dari tahun sebelumnya,” tutupnya.

Baca Juga :  Kemenag Sumenep Bantah Informasi Cairnya TPG Guru Nonsertifikasi

Reporter: Subhan

Redaktur: Mohammad Khairul Umam

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *