Disdikbud Pamekasan Matangkan Persiapan PPDB

News, Pendidikan72 views

KABARMADURA.ID | PAMEKASAN -Penerimaan peserta didik baru (PPDB) tingkat sekolah menengah pertama negeri (SMPN) segera dibuka pada Juli mendatang. Hal tersebut diungkapkan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Pamekasan Akhmad Zaini melalui Kepala Bidang (Kabid) Pembinaan SMP Ach. Rifa’i, Selasa (9/5/2023). 

Menurutnya, berbagai persiapan sudah dilakukan, termasuk sosialisasi terhadap 34 kepala SMPN pada akhir bulan Maret lalu. Secara umum, tahapan PPDB terbagi menjadi dua sesi pendaftaran. Masing-masing, jalur afirmasi dibuka tanggal 2 Juli hingga tanggal 4 Juli. Sedangkan untuk sesi kedua, mutasi orang tua, prestasi dan zonasi dibuka tanggal 7 Juli hingga 11 Juli. 

Baca Juga:  Dinsos Pamekasan Pastikan Rekrutmen Pendamping Setiap Tahun 

“Untuk progress saat ini masih pada tahapan sosialisasi,” ujarnya kepada Kabar Madura.

Pihaknya menuturkan, peminat PPDB tahun 2023 akan terus meningkat. Sebab berbagai inovasi pembelajaran, baik yang bermuatan agama dengan pengajaran kitab kuning dan pengetahuan umum dengan torehan berbagai prestasi siswa, baik tingkat kabupaten maupun di atasnya  terus dioptimalkan.

“Kami ingin mengembalikan marwahnya SMPN, jadi kalau tahun 90-an masyarakat meminati sekolah negeri. Saat ini  kami melakukan terobosan dengan memasukan mata pelajaran agama dengan membekali siswa untuk membaca kitab kuning. Ini sudah terprogram setiap tahunya,” ucapnya. 

Dia menjelaskan, kuota masing-masing jalur berbeda. Khusus jalur afirmasi  paling sedikit 15 persen, zonasi paling sedikit 50 persen, prestasi paling banyak 30 persen dan mutase tugas orang paling banyak 5 persen. “Untuk persentase kurang lebih sama dengan tahun 2022 lalu, namun yang berbeda untuk jalur afirmasi dibuka lebih awal,” jelasnya. 

Baca Juga:  Keluarga di Pamekasan Sempat Senyapkan Informasi Sebelum Deklarasi Prof. Mahfud MD sebagai Cawapres, Lantaran Keputusan Bersifat Politis

Diakuinya, untuk tercapainya target setiap rombongan belajar (rombel) di setiap kelas pada jenjang SMPN, koordinasi dengan kepala sekolah (kasek) terus dilakukan. Sehingga diharapkan kerja maksimal dari setiap tim dan setiap sekolah secara khusus menangani PPDB. (*)

Pewarta: Khoyrul Umam Syarif  

 Redaktur: Totok Iswanto

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *