Gelar Sosialisasi, Disdik Pamekasan Ingin Pengelolaan Penilaian Kasek Bisa Optimal

Pendidikan14 views

KABAR MADURA | Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pamekasan  menggelar sosialisasi pengelolaan penilaian kepala sekolah di Ballroom Hotel Cahaya Berlian Pamekasan, Kamis (16/5/2024). Di Kegiatan ini diikuti kurang lebih 94 kepala sekolah, yang terdiri dari kepala sekolah SD dan SMP perwakilan dari setiap kecamatan.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Pamekasan Akhmad Zaini, melalui Kepala Bidang (Kabid) Tenaga Kependidikan (Tendik) Fadlillah menyampaikan, pengelolaan kinerja kepala sekolah menjadi bagian penting dalam instrumen penunjang peningkatan kualitas pendidikan. Maka dari itu, sosialisasi itu diharapkan bisa berdampak terhadap pengelolaan kinerja kepala sekolah dan guru.

Baca Juga:  FH UTM Yudisium 109 Mahasiswa, Harapkan Yudisiawan Bermanfaat untuk Masyarakat

“Kami ingin optimalisasi pengelolaan kinerja guru dan kepala sekolah dapat terselesaikan dengan baik,” paparnya, Senin (16/5/2024).

Dia menambahkan, pengetahuan yang sudah didapatkan melalui sosialisasi itu tidak hanya dikonsumsi dan dimiliki sendiri, melainkan bisa juga diketuktularkan kepada kepala sekolah dan guru lainnya di setiap kecamatan.

Penilaian kinerja kepala sekolah biasanya dilakukan setiap semester. Oleh karena itu, kata Fadlillah, berbagai upaya dalam mendorong perbaikan kinerja kepala sekolah dan guru terus ikhtiarkan, termasuk dilakukan evaluasi secara berkala kepada guru maupun kepala sekolah.

“Penilaian kinerja kepala sekolah pada 2023 melalui e-Kinerja BKN. Tapi mulai 2024 ini penilaian kinerja kepala sekolah melalui platform merdeka mengajar (PMM),” ungkapnya.

Baca Juga:  Penerima Program Beasiswa Sumenep Didominasi Usulan Pokir DPRD

Dia mengutarakan, sistem pengelolaan kinerja di PMM akan mempermudah kepala sekolah dan guru dalam mendorong peningkatan kinerja yang sesuai dalam mendukung kualitas pembelajaran. Sebab, kepala sekolah bisa lebih fokus terhadap indikator capaian rapor pendidikan.

“Harapan kami, peserta bisa memberikan pengimbasan di masing-masing gugus dan Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS),” ujarnya.

Pewarta: Khoyrul Umam Syarif 

Redaktur: Sule Sulaiman

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *