Pabrikan Belum Buka Gudang Tembakau, Pembelian Pribadi Patok Harga Tinggi

News205 views

KABARMADURA.ID | PAMEKASAN-Memasuki musim panen tembakau, sejumlah pabrikan besar di Pamekasan belum bergerak melakukan pembelian. Kendati demikian, terdapat pembelian dilakukan secara pribadi. 

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Pamekasan Basri Yulianto mengatakan, panen raya tembakau di Pamekasan akan diprediksi akan berlangsung di pekan ketiga Agustus 2023. 

Sedangkan pembelian melalui perorangan, data harga yang didapat Disperindag Pamekasan berkisar antara Rp60 ribu sampai Rp70 ribu per kilogram. Temuan informasi itu membuatnya optimis harga tembakau pada 2023 lebih tinggi dibandingkan 2022.

Baca Juga:  DPMD Pamekasan Gelar Sosialisasi dan Pelatihan KPMD

Lokasi pembelian secara pribadi tersebut tersebar di beberapa titik, ada yang berpusat di sepanjang jalan raya Sumenep, jalan raya Blumbungan, jalan raya Pakong, jalan raya Larangan Luar, jalan raya Peltong, dan lainnya.

“Sementara yang sudah melakukan pembelian itu para bandul, kalau yang gudang-gudang itu belum, kalau yang pembelian pribadi ada 9, semua jadwal pembelian di minggu kedua Agustus,” paparnya, Selasa (1/8/2023).

Untuk pembelian pabrikan besar, kata Basri, belum ada konfirmasi secara resmi melalui surat kepadanya. Tetapi berdasarkan jalinan komunikasi dengan perwakilan pabrikan, pembeliannya akan dilakukan pada pekan keempat Agustus.

Baca Juga:  Harga Beras Naik Akibat Stok Terbatas, Disperindag Pamekasan Janji Realisasikan Operasi Pasar 

“Jadi kami prediksi target pembelian yang akan melakukan pembelian berkisar 13 ribu ton,” ujarnya.

Basri mengklaim, pembelian tembakau saat ini sudah jauh diatas break even point (BEP). Hal itu ditunjang dengan kualitas panen raya tembakau petani, sehingga dia yakin harganya akan terus stabil.

“Kalau tren harga ini bisa terus bertahan, petani tahun akan lebih sejahtera,” imbuhnya.

Pewarta: Khoyrul Umam Syarif

Redaktur: Wawan A. Husna 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *