Realisasi Sensus Pertanian Lanjutan Buram, Ini Penjelasan BPS Pamekasan

News167 views

KABAR MADURA | Realisasi sensus pertanian lanjutan masih buram di Pamekasan. Padahal, pendataan sensus pertanian secara umum sudah dilakukan pada pertengahan 2023 lalu. Belum jelasnya realisasi sensus pertanian lanjutan itu lantaran masih menunggu anggaran dari pusat.

Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Pamekasan Anwar mengatakan, sensus pertanian lanjutan itu merupakan pendataan yang lebih detail dari sensus sebelumnya. Jika sebelumnya hanya mencakup tentang gambaran umum seperti jumlah keluarga tani, sensus pertanian lanjutan ini cakupannya lebih detail. Seperti produksi pertanian dalam satu hektare, sosial ekonomi pertanian, dan lainnya.

Baca Juga:  KPU Pamekasan Masih Sepi Pendaftar Bacaleg

“Kalau ada, tahun ini akan dilakukan sensus pertanian lanjutan. Tapi itu masih belum jelas juga, karena nunggu anggaran dari pusat. Kalau tidak ada, ya tunggu kewenangan dari pusat juga,” terangnya kepada Kabar Madura, Rabu (6/3/2024).

Berdasarkan hasil pendataan sensus pertanian sebelumnya, Petani di Pamekasan bertambah dibandingkan 10 tahun terakhir. Sebelumnya, jumlah usaha pertanian perorangan (UTP) di Pamekasasan 164.118. Sementara pada tahun 2023 bertambah 13.827 UPT. UTP paling banyak tersebar di lima kecamatan. Yakni Kecamatan Palengaan, Batumarmar, Pegantenan, Proppo, dan Pademawu.

Baca Juga:  5 Desa di Pamekasan Rawan Peredaran Narkoba, 38 Kasus Terungkap di Awal Tahun 2024

Apabila dibandingkan berdasarkan jenis kelamin, UTP laki-laki lebih banyak, yakni 81,05 persen dibandingkan perempuan yang mencapai 18,95 persen.

Dikatakan Anwar, pada sensus sebelumnya, kurang lebih terdapat 1.112 orang yang terlibat dalam pendataan sensus pertanian tersebut. Mulai dari petugas pencacah lapangan, pemeriksa lapangan, koordinator sensus pertanin kecamatan, petugas editing dan coding, dan petugas entri.

“Anggaran pasti yang kemarin saya lupa berapa. Yang jelas, nominalnya disesuaikan dengan kebutuhan di lapangan. Mulai dari honor petugas dan lainnya,” tambah Anwar.

Pewarta: Safira Nur Laily

Redaktur: Sule Sulaiman

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *