Sumenep Kekurangan 1.412 Guru ASN, Rekrutmen hanya Penuhi 182 Guru

News, Pendidikan220 views

KABAR MADURA | Banyaknya jumlah guru aparatur sipil negara (ASN) di sekolah negeri  yang pensiun tidak sebanding dengan penambahan guru baru di tahun 2024 ini. Berdasarkan data Dinas Pendidikan (Disdik) Sumenep, pada tahun 2023 lalu ada sebanyak 221 ASN guru yang pensiun .

Kepala Disdik Sumenep Agus Dwi Saputra melalui Kabid Pembinaan Ketenagaan Akhmad Fairusi mengatakan, masih banyak kekurangan guru ASN di Kota Keris, hal itu karena setiap tahun ada banyak guru yang pensiun sementara penambahannya masih sedikit.

Hingga saat ini kekurangan guru ASN sebanyak 1.412 guru, rinciannya; guru kelas sebanyak 778 orang, guru PJOK 303 orang, dan guru PAI sebanyak 331 orang. Sementara untuk penambahannya, saat ini hanya ada 182 guru ASN. Penambahan itu dari hasil rekrutmen  pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK).

Baca Juga:  Bantuan Alsintan dari DBHCHT di Pamekasan Hanya Sasar Tiga Poktan

“182 ini belum bertugas dan belum mendapatkan penempatan,” ujar Akhmad Fairusi, Minggu (11/2/2024)..

Di antara guru ASN yang baru,  kata Fairusi, meliputi  guru PAI sebanyak 133 orang, guru kelas 34 orang, guru PJOK 5 orang, guru seni budaya 2 orang, guru prakarya dan kewirusahaan 3 orang, guru IPS 2, orang, guru bahasa Indonesia 1 orang, dan guru matematika 2 guru.

Dengan begitu, masih akan diajukan penambahan baru untuk menutup kekurangan tersebut.

“Jadi masih banyak kekurangan guru ASN utamanya di sekolah khusus negeri harus terpenuhi,” bebernya.

Baca Juga:  Berdalih Nihil Anggaran, Data RTH Sumenep Tidak Update

Sementara itu, anggota Komisi II Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sumenep Sami’oeddin menekankan agar rekrutmen PPPK tahun ini benar-benar diprioritaskan. Tujuannya untuk menutup kekurangan jumlah guru ASN.

“Idealnya, sekolah negeri gurunya harus ASN,makanya rekrutmen PPPK khusus tahun ini dimaksimalkan,”kata politisi PKB itu.

Pewarta: Imam Mahdi

Redaktur: Wawan A. Husna

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *