Disdikbud Pamekasan Yakin Siswa Berprestasi Pamekasan Mampu di Level Nasional

News, Pendidikan56 views

KABARMADURA.ID | PAMEKASAN-Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Pamekasan terus memacu semangat para siswa berprestasi siswa pada jenjang pendidikan sekolah dasar (SD), salah satunya dengan menggelar  kegiatan  penganugerahan siswa terbaik, Sabtu, (29/7/2023) di Ballroom  Hotel Cahaya Berlian Pamekasan.

Penghargaan kepada siswa terbaik tersebut menyasar tiga kategori, terdiri dari terbaik di uji kompetensi  membaca Al Qur’an, pemenang Olimpiade Siswa Nasional (OSN) dan pemenang Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN).

Kepala Disdikbud (Kadisdikbud) Pamekasan Akhmad Zaini menyampaikan, untuk mendorong prestasi siswa sesuai dengan potensi yang dimiliki tidak lantas hanya diserahkan kepada guru di masing-masing sekolah, tetapi harus ada support dari orang tua di rumah, karena perbandingannya waktu yang dihabiskan untuk belajar di sekolah, lebih banyak interaksinya dengan lingkungan keluarga. Kendati demikian, pihaknya komitmen atas pencapain prestasi gemilang dari setiap siswa.

“Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pamekasan sudah punya komitmen, punya keinginan, punya cita-cita, punya program, lalu program itu dibentuk dalam bentuk struktur, ada anggarannya, ada pembimbingnya. Komitmen ini bisa terwujud apabila didukung semua pihak,” paparnya.

Baca Juga:  Minyakita Langka, Disperindag Pamekasan Harus Berkongsi Sendiri dengan Produsen Migor

Diakuinya, program yang sudah dirancang dengan baik tidak bisa seluruhnya bisa berhasil, makanya dengan terselenggaranya 3 bidang program tersebut, ia sangat berterima kasih kepada semua pihak yang ikut andil dalam mensukseskan berbagai cara tersebut.

“Kesuksesan anak kita memang dibagi-bagi, ada yang sukses karena motoriknya, ada yang sukses karena emosinya, ada yang sukses karena intelektualitasnya, ada yang sukses dengan berbagai bidang-bidang lainnya, itu semua cara allah memberikan rezeki kepada hambanya dan membangun keimbangan dalam kehidupan,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Bidang (Kabid) Pembinaan Sekolah Dasar Disdikbud Pamekasan Taufik Hidayat menyampaikan, uji kompetensi Al-Qur’an diikuti oleh masing-masing siswa dengan jumlah peserta 9.582 siswa, adapun untuk OSN untuk mapel IPA diikuti oleh 726 peserta, mapel matematika 719 peserta, jumlah total peserta OSN 1445, dan untuk kegiatan O2SN cabor atletik 26 peserta, cabor renang 12 peserta, pencak silat 16 peserta, cabor karate 17 peserta, dan bulu tangkis 14 peserta total peserta O2SN 85 peserta.

Baca Juga:  Dishub Sampang Belum Pastikan Mudik Gratis Tahun Ini

“Dari masing-masing lomba kami pilih yang terbaik dari kategori putra dan kategori putri, sehingga diperoleh 26 siswa terbaik dari baca Al Qur’an, untuk OSN dan O2SN dipilih kategori 123 kategori putra dan putri,” imbuhnya.

Taufik menjelaskan, untuk OSN dan O2SN akan bertanding lagi level regional, sehingga diharapkan doa dan dukungan dari semua pihak, terlebih nantinya bisa mewakili Jawa Timur pada kompetensi tingkat nasional.

“Mari kita dukung dan kita doakan anak-anak kita yang akan berangkat,” tegasnya saat memberikan sambutan di acara tersebut.

Untuk diketahui, kegiatan tersebut dibuka langsung oleh Kadisdikbud Pamekasan Akhmad Zaini, Kabid Pembinaan SD Taufik Hidayat, disaksikan oleh orang tua dan kepala sekolah dari masing-masing kecamatan, hadir pula beberapa undangan.

Pewarta: Khoyrul Umam Syarif

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *