Endus Luluskan Peserta VVIP, Aktivis GMNI Demo Kantor KPU Sumenep

Pemilu146 Dilihat

KABARMADURA.ID | SUMENEPAktivis Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI) melakukan demonstrasi di depan kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sumenep, Kamis (19/01/2023). Dalam aksinya, mereka menuntut klarifikasi atas perubahan pengumuman yang dikeluarkan Komisi Pemilihan Umum (KPU) kabupaten Sumenep dan transparansi nilai tes tulis panitia pemilihan kecamatan (PPS).

Tuntutan massa tersebut terkait dugaan adanya peserta “VVIP” dalam pengumuman nomor 61/PP.04.1-Pu/3529/2023 tentang perubahan atas pengumuman KPU kabupaten Sumenep Nomor 60/PP.04.1-BA/3529/2023 tentang penetapan hasil seleksi tes tertulis Panitia Pemungutan Suara (PPS) untuk pemilu tahun 2024.

“Kami mencurigai masuknya 23 peserta dalam pengumuman perubahan adanya indikasi kecurangan di ranah kekuasaan,” Tegas Ali Muddin salah satu perwakilan aksi demonstrasi, Kamis (19/01/2023)

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) kabupaten Sumenep Rahbini didampingi Koordinator Divisi Sumber Daya Manusia (SDM) dan Partisipasi Masyarakat (Parmas) Rofiqi menemui langsung massa aksi yang sedang berdemonstrasi di depan gerbang masuk kantor KPU Sumenep.

Baca Juga :  KPU Sampang Pastikan Tidak Ada Perubahan Jumlah Dapil

Menanggapi tuntutan massa aksi, Rahbini menegaskan, pihaknya tidak melakukan main mata terkait pengumuman perubahan KPU. Tindakan KPU sudah sesuai dengan undang-undang dan petunjuk teknis (juknis) berdasarkan kepastian hukum pemilu.

Ia juga mengungkapkan, KPU Sumenep tidak bisa mempublikasikan nilai hasil tes tertulis dikarenakan terkait privasi hasil tes tulis peserta. “Kami sudah sediakan surat pernyataan publikasi nilai, tapi tidak ada satupun peserta tes tulis yang mau mempublikasikan itu,” katanya.

Pewarta: KM68

Redaktur: Moh Hasanuddin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *