Gebyar Literasi, Disdikbud Pamekasan Dorong Guru Menjadi Pendidik yang Penulis

Pendidikan62 views

KABARMADURA.ID | Pamekasan – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Pamekasan menggelar Gebyar Literasi, Sabtu (16/9/2023).

Gelaran tersebut sebagai bentuk komitmen Disdikbud dalam mencetak guru menjadi pendidik yang penulis, sehingga dalam realisasinya dibutuhkan bimbingan dan sosialisasi kepada para guru.

Kepala Disdikbud Pamekasan Ahkmad Zaini mengatakan, selama ini banyak guru yang merasa tidak tahu menulis. Padahal, menurutnya masing-masing guru memiliki potensi menulis. Hanya saja, memang dibutuhkan bekal yang kuat untuk menciptakan tulisan yang berkualitas.

“Kegiatan ini untuk memberikan bekal kepada para guru agar memiliki kemampuan menulis. Makanya kita kemas kegiatan ini dengan beberapa agenda, mulai dari pembekalan, berbagi pengalaman bagi guru yang sudah menerbitkan buku kepada yang belum menerbitkan, pameran buku dan launching buku,” ungkap Zaini.

Baca Juga:  PCNU se-Madura Ultimatum Kemenag

Diungkapkannya, terdapat 30 lebih judul buku yang berhasil diterbitkan oleh para guru di Pamekasan dan berhasil dilaunching tahun ini. Ia berharap, dengan adanya kegiatan tersebut bisa memotivasi para guru dalam meningkatkan kualitas kemampuan menulis, baik menulis secara mandiri ataupun melalui gerakan satu guru satu buku (sagu saku) yang digagasnya.

“Total ada 253 buku yang telah diterbitkan melalui program sagu saku ini. Di luar program itu, tentu banyak juga guru yang menghasilkan buku secara mandiri. Karena buku adalah guru yang tidak pernah mati dan tidak terpaut dengan ketentuan apa pun,” Jelasnya.

Baca Juga:  Belasan Hari Aliran Air PDAM Pamekasan Macet, Pelanggan: Alasannya Klise!

Sementara itu, Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Pamekasan Halili mengatakan, pihaknya mendukung penuh atas segala program-program yang dicanangkan oleh Disdikbud, termasuk pengembangan literasi di kota berjuluk Gerbang Salam.

“Kami dukung penuh apapun program dari Disdik. Karena kami yakin, semua program tersebut adalah untuk kemajuan intelektual masyarakat Pamekasan,” tegasnya.

Untuk diketahui, acara yang berlokasi di Sekolah Dasar (SD) Negeri Bugih I Pamekasan itu dihadiri oleh Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Didik Hariadi, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Prama Jaya, Ketua DRPD Pamekasan Halili, dan sejumlah pejabat daerah lainnya serta guru di satuan pendidikan Pamekasan.

Pewarta: Safira Nur Laily

Redaktur: Hairul Anam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *