Guru Besar IAIN Madura Ini Terungkap Sempat Tidak Ingin Lanjutkan Kuliah

Pendidikan375 views

“Jenuh itu manusiawi, tetapi ketika proses pendidikan itu saya jalani, malah saya menikmati prosesnya.

KABARMADURA.ID | PAMEKASAN – Perjalanan Akademik Prof. Dr. Siswanto, M.Pd.I tidak semulus mayoritas masyarakat pada umumnya. Sebab dia dibesarkan dari keluarga yang cukup sederhana. Bahkan ketika ingin meneruskan kuliah strata satu (S1), harus rela kehilangan sosok ayahandanya.  

Putra dari pasangan suami istri (pasutri) Duram (almarhum) dan Sakrani itu sempat berpikir tidak ingin melanjutkan kuliah. Namun do’a ibu dan motivasi dari gurunya yang menguatkan tekad dan semangatnya untuk terus meraih cita-citanya.

“Waktu itu sepertinya tidak ada harapan untuk bisa melanjutkan kuliah, alhamdulillah allah memberikan kesempatan kepada saya, melalui guru saya, kyai saya, K H Fariduddin Tamim, beliaulah yang mengantarkan saya untuk kuliah di Pondok Pesantren (Ponpes) Nurul Jadid Paiton Probolinggo,” ujarnya kepada Kabar Madura, Minggu (2/7/2023).

Menurutnya, hal yang paling penting dalam perjalanan panjang akademiknya yakni keluarga. Terutama kehadiran ibunya yang senantiasa mendoakannya, termasuk istrinya yang selalu setia mendampinginya dalam kondisi apapun. Seperti, setia menunggu ketika masih menuntaskan tuga akademik. 

“Mereka menerima dengan lapang dada, jadi betapa pentingnya keluarga untuk meraih gelar guru besar,” ucapnya.

Ayah dari M. Naufal Al Qurthuby Fuady S ini, bisa merasakan buah manis perjalanan panjang  dari sisi akademik. Untuk S1 dituntaskan di  Fakultas Tarbiyah Institut Agama Islam (IAIk Nurul Jadid Paiton Probolinggo  tahun 2000. Kemudian Program Pascasarjana (S2) berhasil diselesaikan di IAIN Sunan Ampel Surabaya  tahun 2004. 

Selanjutnya,  program doktor dituntaskan di bidang Ilmu Keislaman Konsentrasi Pendidikan Islam IAIN Sunan Ampel Surabaya  tahun 2013. “Alhamdulillah ketika saya di S1 bisa mengabdi di Ponpes Nurul Jadid bagian Tata Usaha (TU) di madrasah aliyah (MA), tentu ada tambahan pembiayaan kuliah selama disana,” tuturnya.

Ketika menuntaskan pendidikan S1, dia berhasil menjadi lulusan terbaik. Begitupun di S2-nya. Yakni, mendapatkan beasiswa dari IAIN Sunan Ampel. Sedangkan untuk S3-nya memperoleh beasiswa dari IAIN Madura. Hanya saja, pendidikan yang seharusnya ditempuh selama 3 tahun harus diselesaikan selama 4 tahun. 

“Karena pada saat itu, saya harus menyelesaikan Program Studi (Prodi) Pendidikan Agama Islam (PAI) untuk proses akreditasi. Makanya saya menunda kelulusan setahun demi kepentingan perguruan tinggi,” jelasnya. 

Konsisten Belajar Demi Tingkatkan Kualitas Diri

Perjalan sukses seseorang memang susah ditebak. Namun mempersiapkan diri menjadi yang diinginkan sangat penting untuk diikhtiarkan. Hal inilah yang dilakukan  Dr. Siswanto, M.Pd.I demi menyandang gelar profesor dari Kementerian Agama Republik Indonesia (Kemenag RI). 

Sosok inspiratif yang lahir di Pamekasan pada 15 Februari 1978 ini memaparkan, dari awal menempuh pendidikan tidak pernah terbesit mampu meraih gelar akademik tertinggi di perguruan tinggi. Bahkan cita-citanya sangat sederhana, hanya ingin menjadi seorang guru. Tetapi berkat konsisten belajar dan komitmen yang kuat untuk meningkatkan kualitas diri, mampu menjadi seorang guru besar di bidang filsafat pendidikan Islam.

“Jenuh itu manusiawi, tetapi ketika proses pendidikan itu saya jalani, malah saya menikmati prosesnya, tetapi kejenuhan itu saya imbangi dengan motivasi bahwa pekerjaan ini bukan hanya kepentingan sesaat, tetapi untuk kepentingan jangka panjang,” ujarnya kepada Kabar Madura, Minggu (2/7/2023)

Suami dari Hosnawiyah ini mengungkapkan, konsistensi menulis sudah dimulai sejak tahun 2006 lalu. Setahun setelah diangkat menjadi Dosen di Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Madura. Tidak ayal, puluhan karya ilmiah sudah berhasil ditulis. Masing-masing, 11 buku, 13 penelitian dan 30 artikel. Dua diantara 30 artikelnya sudah terbit di jurnal yang berstandar internasional.

Pada tahun 2019 lalu, dia sudah memiliki tulisan yang terbit di jurnal terindeks scopus. pada waktu itu, hanya satu-satunya tulisan dosen IAIN Madura yang bisa tembus pada jurnal yang diakui di kancah internasional. Gelar profesor sebetulnya bisa diajukan sejak tahun 2019 lalu. Pada waktu itu, syaratnya memang harus memiliki 1 tulisan yang terindex scopus. 

Tetapi dia belum siap untuk mengemban gelar tersebut, lantaran gelar baginya harus padu padan dengan kesiapan mental dan kapasitas diri. “Saya tidak terlalu memikirkan ingin menjadi profesor, pada awalnya jadi dosen, yang penting saya menulis secara alami saja, cuma karena ini dinamika kampus yang terus terjadi, bagaimana kebutuhan kelembagaan harus bisa dipenuhi, maka pada beberapa tahun terakhir munculah keinginan menjadi seorang profesor,” tuturnya.

Dijelaskan, dalam menorehkan berbagai karya ilmiahnya, dia tidak memiliki waktu khusus yang rutin untuk menulis.  Namun memanfaatkan waktu malam dan pagi setelah subuh. Pada waktu itulah pikiran jernih dan tenang akan terbentuk. Lulusan Program Doktor Ilmu Keislaman Konsentrasi Pendidikan Islam IAIN Sunan Ampel Surabaya berjanji akan terus mendorong teman sejawatnya di IAIN Madura. 

Baca Juga:  Puncak Tema, KB Taman Ilmu-RA Miftahul Ulum Kapedi Datangi Polsek Bluto

“Tentunya untuk mempersiapkan diri menyandang gelar profesor demi kemaksimalan tri dharma perguruan tinggi, yakni pendidikan, pengajaran penelitian dan pengemngan serta pengabdian terhadap masyarakat. Tentu dorongan kepada teman saya di kampus akan dirumuskan menjadi sebuah kebijakan tertentu, barangkali nanti bisa disoundingkan dengan jabatan saya hari ini yang masih menjadi Dekan Fakultas Tarbiyah,”  jelasnya. 

CURRICULUM VITAE 

Nama : Prof. Dr. Siswanto, M.Pd.I

Tempat & Tanggal Lahir : Pamekasan, 15 Februari 1978

Jenis Kelamin : Laki-laki

Agama : Islam

Golongan / Pangkat : IV/b / Pembina Tk.1

Jabatan Akademik : Guru Besar

Bidang Keilmuan :Filsafat Pendidikan Islam

Alamat Rumah : Dusun Bulu Desa Larangan Luar Larangan Pamekasan Jawa Timur

Perguruan Tinggi :  Institut Agama Islam Negeri Madura

Alamat Perguruan Tinggi :  Jl. Raya Panglegur Km.4 Pamekasan 

Nomor Telepon :  0324-327248 Fax. (0324) 322551

Alamat e-mail info@iainmadura.ac.id


RIWAYAT PENDIDIKAN

  1. Sekolah Dasar : MI. Alfalah III Larangan Luar Larangan Pamekasan 
  2. Sekolah Menengah Pertama: MTs Alfalah Sumber Gayam Kadur Pamekasan
  3. Sekoalh Menengah Atas: MA. Alfalah Sumber Gayam Kadur Pamekasan
  4. Strata 1: Fakultas Tarbiyah IAI. Nurul Jadid Paiton Probolinggo (2000) 
  5. Strata 2: Program Pascasarjana Konsentrasi Pendidikan Islam IAIN Sunan Ampel Surabaya (2004) 
  6. Strata 3: Program Doktor Ilmu Keislaman Konsentrasi Pendidikan Islam IAIN Sunan Ampel Surabaya (2013)

RIWAYAT PEKERJAAN:

  1. Dosen IAIN Madura (2005-sekarang)
  2. Ketua Program Studi PAI Jurusan Tarbiyah STAIN Pamekasan (2008-2012)
  3. Sekretaris Jurusan Tarbiyah STAIN Pamekasan (2012-2016)
  4. Ketua Program Magister PAI Pascasarjana IAIN Madura (2018-2022)
  5. Dekan Fakultas Tarbiyah IAIN Madura (2022-2026) 
  • RIWAYAT KARYA ILMIAH:

     BUKU

  1. Standar Nasional Pendidikan, Konsep dan Aplikasinya di Madrasah, Pustaka Nusantara Yogyakarta, 2011. (ISBN).
  2. Pendidikan Islam dalam Dialektika Perubahan, UIN SUKA Press Yogyakarta, 2012 (ISBN).
  3. Pendidikan Islam Kontekstual; Diskursus Pendidikan Islam dalam Pergulatan Pemikiran Kontemporer (Editor), Pena Salsabila Surabaya, 2013. (ISBN). 
  4. Dinamika Pendidikan Islam, Perspektif Historis. Pena Salsabila Surabaya, 2013. (ISBN).
  5. Etika Profesi Guru Pendidikan Agama Islam, Pena Salsabila Surabaya, 2013. (ISBN).
  6. Filsafat dan Pemikiran Pendidikan Islam, Pena Salsabila Surabaya, 2015. (ISBN).
  7. Pendidikan Agama Islam, Aplikasi dan Pengembangannya di Sekolah, Pena Salsabila, Surabaya, 2015. (ISBN)
  8. Pendidikan Karakter, Membangun Bangsa Religius, Pustaka Radja Surabaya, 2016. (ISBN)
  9. Sekolah Hijau, PengembanganPendidikan Berbudaya Lingkungan Hidup, Pustaka Radja Surabaya, 2016. (ISBN)
  10. Pendidikan Karakter Berbasis Tasawuf, Membangun Karakter kebangsaan, Literasi Nusantara, Batu, 2019. (ISBN)
  11. Moderasi Islam di Pesantren, Duta Media Pamekasan, 2023 (ISBN)  

ARTIKEL

Banner Iklan
  1. Rekonstruksi Pendidikan Islam (Menimbang Pemikiran Muhammad Abduh). Tadris, Jurnal Pendidikan Islam. Jurusan Tarbiyah STAIN Pamekasan, Vol.4. Nomor 1, 2009.
  2. Globalisasi  dan Pendidikan Nilai. Activita, DEMA STAIN Pamekasan, 2009.
  3. Islam dan Pelestarian Lingkungan Hidup (Menggagas Pendidikan Agama Berwawasan Lingkungan Hidup). Karsa, STAIN Pamekasan, Vol. XIV No.2 Oktober 2009.
  4. Model Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah. Tadris, Jurnal Pendidikan Islam. Jurusan Tarbiyah STAIN Pamekasan, Vol.5. Nomor 2, 2010.
  5. Reorientasi Pengembangan Guru Pendidikan Islam (Menuju ke Arah Profesionalitas). Academia, IAI. Nurul Jadid Paiton Probolinggo, Vol. 5 Nomor: 1, Maret 2010.
  6. Epistemologi Pendidikan Islam. Cendikia, Jurnal Pendidikan Islam. Jurusan Tarbiyah STAIN Ponorogo, Vol.9 No.1 Januari – Juni 2011.  
  7. Mengembangkan Mutu Madrasah Menuju Madrasah Bertaraf Internasional. Tadris, Jurnal Pendidikan Islam. Jurusan Tarbiyah STAIN Pamekasan, Vol.6. Nomor 2, 2011.
  8. Budaya Madrasah: Strategi Pengembangan Budaya Mutu Pendidikan. Tadris, Jurnal Pendidikan Islam. Jurusan Tarbiyah STAIN Pamekasan, Vol.7. Nomor 2, Desember 2012.
  9. Pendidikan Karakter Berbasis Nilai-Nilai Religius. Tadris, Jurnal Pendidikan Islam. Jurusan Tarbiyah STAIN Pamekasan, Volume 8 Nomor 1 Juni 2013.
  10. Madrasah Unggulan berbasis Pesantren. Ulumuna, Jurnal Studi Keislaman, Terakreditasi. Volume 18 Nomor 1 Juni 2014.  
  11. Standar Kompetensi Lulusan Pesantren Mu’adalah di Dirasatul Mualimin Islamiyah Al-Hamidy Banyuanyar Pagantenan Pamekasan. Nuansa, Jurnal Penelitian Ilmu Sosial dan Keagamaan Islam. Vol. 11 No. 1 Januari-Juni 2014. 
  12. Membudayakan Nilai-nilai Agama dalam Komunitas Sekolah. Karsa, Jurnal Sosial dan Budaya Keislaman. Terakreditasi. STAIN Pamekasan. Vol.22 No.1 Juni 2014.
  13. Pengembangan Kelembagaan Perguruan Tinggi Agama Islam Negeri. Tadris, Jurnal Pendidikan Islam. Jurusan Tarbiyah STAIN Pamekasan,Volume 9 Nomor 2 Desember 2014.
  14. Desain Mutu Pendidikan Islam, Karsa, Jurnal Sosial dan Budaya Keislaman. Terakreditasi. STAIN Pamekasan. Vol.23 No.2 Desember 2015.
  15. Rekonstruksi Pendidikan Agama Islam Inklusif dalam Membangun Kesadaran Pluralisme Agama, Hikmatuna: Journal for Integrative Islamic Studies (Vol.3 No.2, 2017). (Sinta 2) 
  16. Revitalisasi Nilai-Nilai Qur’ani dalam Pendidikan Islam Era Revolusi Industri 4.0, Islamuna: Jurnal Studi Islam (Vol.5 No.2, 2018). (Sinta 3) 
  17. Pembelajaran Berparadigma Konstruktivistik: Mengembangkan Standar Kompetensi Lulusan Program Magister Pendidikan Agama Islam Pascasarjana IAIN Madura, Tadris,Jurnal Pendidikan Islam (Vol.13 No. 2, 2018). (Sinta 2)
  18. The Classical Book Teaching and Learning Model for Children Boarding House, The International Conference on Islamic Education (ICIE 2018)
  19. Islamic Moderation Values on the Islamic Education Curriculum in Indonesia: A Content Analysis. Jurnal Pendidikan Islam (Journal of Islamic Education) (Volume 8 No. 1 Tahun 2019). (Sinta 2)
  20. Environmental Cultured Education and Its Implication on The Student’s Competencies in an Adiwiyata School, Jurnal Cakrawala Pendidikan (Vol. 38 No. 3, 2019). (Sinta 1/ Terindex Scopus).
  21. Child Friendly Education and Its Implication in Establishing Humanist Teacher’s Profile: Considering ‘Abdullāh Nāshih ‘Ulwān’s Thought, DAYAH: Journal of Islamic Education (Vol. 3, No. 2, 2020). (Sinta 3)
  22. The Quality Management of Islamic Boarding School Based on Information Technology in the 4.0 Industry Era, Ijtimā’iyya: Journal of Muslim Society Research (vol. 5 No. 1, 2020). (Sinta 3)
  23. Sufism Based Character Education: Strenghtening the National Character to Traditional Muslim Community in Madura. Addin: Media Dialektika Ilmu Islam. Volume 14 No.2, 2020 (Sinta 2)
  24. Nationalism and Maulid Tradition: Internalizing Nationalism Values to Madurese Muslim Community. Ibda’: Jurnal Kajian Islam dan Budaya. Volume 19 No.1, April 2021 (Sinta 2)
  25. Strengthening Spiritual Leadership in Preserving Religious Culture and Local Wisdom in Madrasah. Al-Tanzim, Jurnal Manajemen Pendidikan Islam. Vol. 6. No.3 April 2022. (Sinta 2)
  26. Construct of The Environmental Education on The Quranic Paradigm:a Literature Review. Tadris, Jurnal Pendidikan Islam. Vol.17 No.2  2022. Hal. 247-259. E-ISSN: 2442-5494. P-ISSN: 1907-672X (Sinta 2)
  27. Membangun Kampung Qur’ani melalui Kegiatan Keagamaan di Desa Batu Putih Kenek Sumenep. Attanwir : Jurnal Keislaman dan Pendidikan. Vol.12. No.2 September 2021. (Sinta 6)
  28. Penjabaran Nilai-Nilai Pluralisme Perspektif Nurcholish Madjid dalam Konteks Pendidikan Islam Multikultural. Tarbawiyah: Jurnal Ilmiah Pendidikan. Vol.6 No.1 Januari-Juni 2022. (Sinta 4)
  29. Potret Pendidikan Enterpreneur di Pesantren. Potensia: Jurnal Kependidikan Islam, Vol. 7, No. 1, Januari – Juni 2021. (Sinta 3)
  30. Learning Technology in Equality Education Policy through Collaborative Learning Methods in Madura Islamic Boarding Schools East Java Indonesia. Journal of Xi’an Shiyou University, Natural Sciences Edition. Vol: 66 Issue 05, 2023. (Terindeks Scopus)
Baca Juga:  34 Persen Anak di Pamekasan Tidak Lanjut ke Jenjang Menengah Atas, DP Tekan Predikat Kota Pendidikan Harus Dijaga

PENELITIAN 

  1. Peningkatan Mutu Pendidikan di Madrasah; Penerapan Manajemen Mutu Terpadu di MAN Pamekasan, 2010. (Ketua Tim) 
  2. Pengembangan Budaya Agama dalam Komunitas Sekolah; Studi Kasus RSBI SMAN 1 Pamekasan. Balitbang Departemen Agama Semarang, 2010. (Penelitian Kompetitif Individual)
  3. Strategi Pencapaian Standar Nasional Pendidikan di MA. Al-Amien Putri Prenduan Sumenep, 2011. (Penelitian Kompetitif Individual)  
  4. Model Pengembangan Pendidikan Karakter di Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional SMPN 1 Pamekasan, 2012. (Ketua Tim)
  5. Standar Kompetensi Lulusan Pesantren Mu’adalah; Studi Kasus di Dirasatul Mualimin Islamiyah Al-Hamidy Banyuanyar Pagantenan Pamekasan, 2013. (Ketua Tim)
  6. Studi  Pengembangan Jurusan Tarbiyah Program Studi Tadris Bahasa Indonesia, Tadris IPS, Manajemen Pendidikan Islam, dan PGMI STAIN Pamekasan, 2013. (Ketua Tim)
  7. Studi Pengembangan Pendidikan Profesi Guru pada Jurusan Tarbiyah STAIN Pamekasan, 2014. (Penelitian Individual)
  8. Model Pembelajaran Santri pada Pesantren Anak di Maktab Nubdzatul Bayan Al-Majidiyah Palduding Pagantenan Pamekasan, 2015 (Penelitian Individual)
  9. Pengembangan Pendidikan Berbudaya Lingkungan Hidup di Sekolah Adiwiyata Nasional SMP Negeri 1 Larangan Pamekasan, 2016 (Penelitian Unggulan Interdisiplinier)
  10. Pengembangan Standar Kompetensi Lulusan Melalui Pembelajaran Berparadigma Konstruktivistik pada Program Magister Pendidikan Agama Islam Pascasarjana IAIN Madura, 2018 (Penelitian Program Studi)
  11. Model Pendidikan Karakter Berbasis Tasawuf dalam Penguatan Nilai-nilai Karakter Kebangsaan pada Majlis Maulid wa al-Ta’lim Riyadlul Jannah  Madura, 2019 ((Penelitian Unggulan Penerapan Nasional)
  12. Konstruksi Pemikiran tentang Moderasi Islam di Kalangan Kiai pada Pondok Pesantren di Madura, 2021 (Penelitian BOPTN)
  13. Deradikalisasi Agama melalui Integrasi Nilai-nilai Multikulturalisme dalam Kurikulum Perguruan Tinggi Berbasis Pesantren di Jawa Timur, 2022 (Penelitian Kolaborasi Perguruan Tinggi)   

RIWAYAT PRESTASI AKADEMIK

  1. Lulusan Terbaik Program Sarjana IAI. Nurul Jadid  Paiton Probolinggo (2000)
  2. Reviewer Nasional LITAPDIMAS Kementerian Agama RI (2019-sekarang).
  3. Penerima SINTA Award IAIN Madura (2021)

Pewarta: Khoyrul Umam Syarif

Redaktur: Totok Iswanto 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *